Hanya Tujuh Partai Penuhi Kuota Bacaleg di Sikka

Editor: Koko Triarko

350
Juru Bicara KPU Kabupaten Sikka, Fery Soge. -Foto: Ebed de Rosary
MAUMERE – Dari 16 partai politik (parpol) yang memasukkan daftar Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Sikka, hanya tujuh parpol saja yang memenuhi kuota 35 Bacaleg, yang tersebar di empat daerah pemilihan (dapil) yang ditentukan.
“Hanya tujuh dari 16 partai politik di kabupaten Sikka, yang mampu memenuhi kuota pengajuan Daftar  Calon Sementara (DCS) untuk Pemilu Legislatif bulan April 2019 nanti,“ sebut Fery Soge, juru bicara KPU Sikka, Kamis (26/7/2018).
Ketujuh parpol tersebut yakni Partai Demokrat, Golkar, Nasdem, PDI Perjuangan, PAN, PKB da Partai Hanura. Sementara Partai Bulang Bintang (PBB)  mengajukan  11  Bacaleg. Partai Berkarya memenuhi 15 dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengajukan 14 nama bacaleg.
Ketua DPD Partai Berkarya Kabupaten Sikka, Pega Paulus, SE., -Foto: Ebed de Rosary
“Kami tidak tahu apa yang menyebabkan parpol kurang mengajukan bacaleg, mungkin saja kekurangan kader. Tapi, kami membuka waktu perbaikan daftar bacaleg hingga 31 Juli ini,” tegasnya.
KPU Sikka, kata Fery, juga sudah menyerahkan kembali daftar Bacaleg yang belum memenuhi syarat ke pengurus Parpol,  Sabtu  (21/7/2018). Bagi parpol yang belum melengkapi berkasnya, dipersilahkan melengkapinya hingga batas waktu yang telah ditentukan.
Total  Bacaleg  dari  16 parpol, beber Fery,  sebanyak 560  orang, laki-laki 302 orang dan perempuan 169 orang. Bacaleg yang memenuhi syarat sebanyak 76 orang, dan belum memenuhi syarat 395 orang.
“Menurut  ketentuan, Bacaleg  yang diajukan Parpol dari setiap Dapil sesuai dengan kuota  anggota  DPRD  Sikka yang telah ditetapkan sebanyak empat dapil Dapil satu meliputi kecamatan Alok, Alok Barat, Alok Tmur dan Palue, berjumlah 10 kursi,” jelasnya.
Dapil dua, sebut Fery, meliputi kecamatan Lela, Nelle, Koting, Kangae, Kewapante dan Hewokloang, dialokasika 7 kursi. Dapil tiga ada di kecamatan Doreng, Mapitara, Waigete, Waiblama, Bola  dan Talibura  sebanyak  10  kursi, serta  dapil  empat kecamatan  Paga, Mego, Tanawawo, Nita dan Paga, tersedia 8 kursi.
Sementara itu, Ketua DPD Partai Berkarya, kabupaten Sikka, Pega Paulus, SE., menyebutkan, pihaknya telah menyerahkan semua berkas Bacaleg ke KPU Sikka dan memasukkan semua daftar Bacaleg sebanyak 35 orang ke Silon, namun nama yang muncul di Silon hanya 15 bacaleg saja.
“Kami sudah komunikasikan dengan KPU Sikka, tapi tidak bisa diperbaiki lagi. Dapil 1 ada 10 kursi nama yang muncul hanya 7 nama, dapil 2 kami masukkan semua, tapi tidak muncul perempuannya, sehingga terhapus, dapil 3 ada 10 kursi, kami masukkan 10 hanya muncul 3, dapil 4 ada 8 kursi, tapi hanya muncul 5 nama saja,” sebutnya.
Dengan demikian, kata Pega, maka hanya 15 nama saja yang bisa terakomodir, dan Partai Berkarya Sikka sedang memperbaiki berkas Bacaleg tersebut, agar bisa dimasukkan lagi ke KPU sesuai jadwal yang sudah ditentukan.
Baca Juga
Lihat juga...