Harga Telur Ayam Ras di Yogyakarta, Rp28.000/Kg

Editor: Koko Triarko

325
YOGYAKARTA – Tak hanya terjadi di luar daerah, kenaikan harga komoditas telur ayam juga terjadi di Yogyakarta. Dari pantauan di sejumlah pasar tradisional, harga telur ayam terpantau mencapai kisaran Rp28 ribu per kilogram. 
Di pasar tradisional Sentul, Kota Yogyakarta, harga komoditas telur ayam pada Jumat (13/07/2018) hari ini mencapai Rp28 ribu per kilogram. Salah seorang pedagang, Ponidah menyebut, kenaikan harga tersebut terjadi sejak bererapa waktu terakhir.
“Sudah tiga hari ini mencapai Rp28 ribu per kilogram. Sebelumnya masih Rp26 ribu-Rp27 ribu. Tapi, terus naik,” ujarnya.
Pedagang telur, Ponidah -Foto: Jatmika H Kusmargana
Hal senada juga diungkapkan pedagang lainnya di Pasar Tradisional Prawirotaman, Kota Yogyakarta, Haryati. Ia menyebut, harga komoditas telur ayam di tingkat pengecer saat ini mencapai Rp27 ribu per kilogram. Harga itu sedikit turun dari hari sebelumnya yang mencapai Rp28 ribu per kilogram.
“Saat ini sudah sedikit turun. Jadi, Rp27ribu per kilo. Kemarin itu masih Rp28 ribu. Kalau normalnya harga telur itu berkisar Rp23-24 ribu per kilogram,” ungkapnya.
Kenaikan harga juga terjadi pada komoditas telur lainnya, seperti telur bebek dan telur ayam kampung. Harga telur bebek terpantau naik dari semula Rp24 ribu menjadi Rp26 ribu. Sedangkan harga telur ayam kampung naik dari semula Rp16 ribu menjadi Rp18 ribu per kilogram.
Para pedagang sendiri mengaku tidak mengetahui penyebab kenaikan harga komoditas telur tersebut. Mereka menduga, hal itu terjadi karena pengaruh musim yang membuat produksi telur menurun. Termasuk banyaknya hajatan di bulan ini yang membuat konsumsi telur di masyarakat meningkat.
Baca Juga
Lihat juga...