HKTI Banjarmasin Canangkan Program Berkebun Mandiri

Editor: Mahadeva WS

169
Ketua HKTI Banjarmasin Noorlatifah - Foto Arief Rahman

BANJARMASIN – Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kota Banjarmasin mencanangkan program pertanian mandiri. Program tersebut akan mensasar masyarakat perkotaan setempat.

Ketua HKTI Banjarmasin Noorlatifah menyebut, tujuan dari kegiatan tersebut tidak lain agar masyarakat bisa memenuhi kebutuhan sayur-mayur secara mandiri. “Agar program pertanian mandiri untuk masyarakat perkotaan bisa segera dijalankan, kita sudah membentuk kepengurusan hingga tingkat kecamatan. Harapannya para pengurus kecamatan bisa membentuk kelompok tani mandiri,” ungkapnya, Senin (16/7/2018).

Natinya dari kelompok tani mandiri akan dilakukan berbagai pelatihan bercocok tanam. Diharapkan pelatihan ini bisa menumbuhkan minat masyarakat perkotaan untuk berkebun dirumah sendiri. “Selain pelatihan, kita akan usahakan untuk memberikan bantuan bibit sayuran hingga peralatan bercocok tanam bekerjasama dengan instansi terkait,” tambahnya.

Dengan cara tersebut, Noorlatifah berharap, masyarakat bisa memenuhi kebutuhan sayur tanpa harus membeli. Dan akan lebih bagus jika sayur yang ditanam bisa dikomersilkan dengan dijual ke pasar. “Harus diakui, hampir sebagian besar sayuran di Kota Banjarmasin berasal dari Jawa. Kedepan kita harapkan bisa mengurangi permintaannya dan dapat lebih banyak di produksi di Kalsel,” pungkasnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.