Indonesia-Meksiko Pameran Foto Peringati Hubungan Diplomatik

226

JAKARTA — Kementerian Luar Negeri RI bekerjasama dengan Kedutaan Besar Meksiko di Jakarta mengadakan pameran fotografi untuk memperingati 65 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Meksiko.

Pameran fotografi yang bertajuk “Miradas Cruzadas” (Saling Menatap) secara resmi dibuka oleh Kementerian Luar Negeri RI dan Kedubes Meksiko, di Kantin Diplomasi, Kemenlu, di Jakarta, Senin (23/7/2018).

Pameran foto itu dibuka selama empat hari, yakni 23-26 Juli 2018. Dalam pameran itu ditampilkan hasil karya dari dua fotografer asal Indonesia dan Meksiko yang mencerminkan kemiripan kehidupan sehari-hari masyarakat dari kedua negara.

“Ada beberapa kesamaan di antara masyarakat Indonesia dan Meksiko, dan tentu saja ada beberapa perbedaan di antara kita. Namun, semua elemen-elemen itu lah yang mewarnai hubungan kedua negara dan bangsa,” ujar Direktur Jenderal Kawasan Amerika dan Eropa Kemenlu, Muhammad Anshor.

“Miradas Cruzadas” yang berarti Saling Menatap menampilkan foto-foto hasil karya Marcela Taboada dari Meksiko dan Desiree Harahap dari Indonesia, dalam semacam buku harian visual dari perjalanan masing-masing fotografer di berbagai tempat di Indonesia dan Meksiko.

Melalui perjalanannya, kedua fotografer menggambarkan dalam karya mereka kesamaan dalam kehidupan sehari-hari orang-orang di Indonesia dan Meksiko.

Foto-foto itu mencerminkan nilai-nilai, kebanggaan, warna, dan semangat bersama di dalam jiwa masyarakat Indonesia dan Meksiko.

Selain itu, pameran foto tersebut juga menampilkan aspek kehidupan sehari-hari yang berbeda antara masyarakat Indonesia dan Meksiko, antara lain aspek seperti perayaan, daerah perkotaan dan perdesaan, serta tentang wanita, anak-anak dan keluarga.

Hubungan diplomatik antara Indonesia dan Meksiko sejak awal telah ditandai dengan persahabatan timbal balik dan rasa hormat yang mendalam.

“Indonesia dan Meksiko adalah pewaris dari peradaban yang sudah ada ribuan tahun lamanya, dan pada saat yang sama, keduanya merupakan negara-negara muda dan bersemangat, dengan kepribadian internasional yang unik dan menantikan masa depan yang cerah,” kata Duta Besar Meksiko untuk Indonesia Armando Alvarez.

Dubes Alvarez mengatakan bahwa pameran fotografi “Saling Menatap” itu, merupakan contoh nyata dan kesaksian tentang persahabatan dan kerja sama yang solid serta dialog dan pertukaran budaya yang konstan antara Indonesia dan Meksiko. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...