Jabar Dorong Wirausaha Manfaatkan Iven Asian Games 2018

169
Ilustrasi -DoK; CDN
BANDUNG – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Iwa Kartiwa, mendorong para wirausaha muda memanfaatkan momentum pelaksanaan Asia Games 2018 pada Agustus, untuk mempromosikan produk-produk mereka.
“Ada lima cabor Asia Games yang dipertandingkan di Jabar, dan wirausaha baru dengan segala inovasinya bisa memanfaatkan Asia Games, kira-kira kuliner apa, termasuk transportasi hotel, dan lain sebagainya. Itu bisa menjadi peluang. Makanya, kami dorong dari iven luar biasa ini,” kata Iwa Karniwa, usai membuka Festival Wirausaha Baru 2018, di Gedung Pusdai Jawa Barat, Kota Bandung.
Menurut Iwa, wirausaha muda di Jawa Barat harus mampu mengambil peluang bisnis dari pelaksanaan Asia Games 2018, yang akan dihadiri oleh puluhan negara mulai dari atlet hingga media massa.
“Potensinya sangat besar, Asia Games 2018 ini ada 45 negara. Itu tinggal jaring komunikasi dengan berbagai pihak, seperti Inasgoc sebagai penyelenggara. Itu kan selain atlet ada juga media massa dari 435 negara yang datang. Ini peluang besar untuk mengenalkan produk unggulan dari para wirausaha muda di ajang ini,” kata Iwa.
Ia menuturkan, para wirausaha muda ini bisa memanfaatkan peluang Asian Games dengan mengenalkan produk-produk mereka di bidang kuliner atau cendera mata khas dari Jawa Barat.
“Itu para awak media massa dari negara lain pasti butuh makanan atau pasti ingin mencicipi kuliner asli kita. Ini bisa dimanfaatkan oleh teman-teman wirausaha muda,” kata Iwa.
Ia mengaku bangga, karena sejak digulirkan pada 2013 oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, pencetakan Wirausaha Baru (WUB) melebihi target yang ditetapkan, yaitu 100 ribu WUB.
Hingga akhir 2017, tercatat telah berhasil mencetak WUB sebanyak 129 ribu, hasil kerja sama dari 13 OPD Pemprov Jabar dan unsur Jabar Masagi.
“Pada kegiatan ini, ada 600 wirausaha baru yang bergerak di bidang makanan, minuman, pakaian dan kerajinan. Acara ini forum bertemunya produsen, pedagang dan bagaimana mempromosikan,” kata Iwa. (Ant)
Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.