Jakarta Siap Menyambut Asian Games

Editor: Mahadeva WS

247

JAKARTA – Jakarta siap menyambut perhelatan Asian Games 2018. Ibu kota siap untuk menyambut tamu-tamu yang datang dari seluruh Asia.

Untuk kesiapan venue Asian Games, Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno memastikan seluruh venue sudah bisa dipakai. Termasuk pembangunan light right transit (LRT) yang siap dioperasikan saat Asian Games.

“Mengenai persiapan venue, kesiapan venue kami sampaikan bahwa semua venue yang di bawah Provinsi DKI sudah siap untuk dipakai dan LRT sendiri sudah akan kita operasikan secara utuh, secara komersial bulan Agustus, sekarang ini lagi melakukan sertifikasi dan uji coba,” katanya usai mengikuti rapat terbatas di Kantor Kemenko PMK, Kamis (12/7/2018).

Mengenai peremajaan trotoar Sudirman-Thamrin, fasilitas tersebut ditargetkan berfungsi pada akhir Juli. Pengerjaan sedang dipercepat untuk mengejar target penyelesaian sebelum pembukaan Asian Games. “Mengenai trotoar kita sudah sampaikan juga koridor utama Sudirman-MH Thamrin akan selesai 22 Juli dan trotoar itu sudah difungsionalkan 31 Juli. Jadi ini akan kita kejar sesuai dengan target,” tuturnya.

Saat Asian Games 2018 digelar, diharapkan pengelola bisa mengatur keberadaan gedung untuk pedagang UMKM. Sandiaga menyebut, akan menata PKL dengan merelokasi ke dalam gedung perkantoran saat perhelatan Asian Games. Gedung-gedung di kawasan Sudirman wajib menyediakan 20 persen lahan untuk UMKM.

Kebijakan tersebut dengan tujuan, PKL tidak mengganggu lalu lintas dan aktivitas pejalan kaki selama perhelatan Asian Games. “Kebetulan gedung-gedung tersebut juga memiliki kewajiban untuk menyediakan 20 persen untuk usaha kecil dan menengah usaha mikro,” katanya.

Sandi juga menginginkan PKL mendapat tempat khusus untuk berjualan di kawasan venue cabang olahraga atau pun Wisma Atlet. Keberadaan PKL tersebut untuk memenuhi tingginya permintaan dan pasar yang menguntungkan bagi masyarakat. “Kita ingin mereka juga memberikan khusus pada saat-saat Asian Games ini tempat berusaha bagi para UMKM yang ada di wilayah venue maupun di wilayah perkampungan atlet atau atlet village,” pungkasnya.

Pemprov DKI terus melakukan koordinasi dengan jajaran TNI dan Polri, hal itu untuk memastikan keamanan sebelum, saat dan setelah Asian Games berlangsung. “Kita tidak ingin ada satu keraguan juga bagi tamu-tamu mancanegara yang akan hadir. Khusus VVIP maupun para suporter, bahwa Jakarta aman tertib kondusif situasi stabil aman dan terkendali. Itu yang dapat kami sampaikan kita sangat optimis bahwa Jakarta siap untuk menyambut Asian Games,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...