Jelang Pengumuman Pilgub NTB, Aparat Siagakan Pasukan

Editor: Satmoko Budi Santoso

397
Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani memimpin apel siaga pengamanan rapat pleno rekapitulasi Pilkada 2018 di lapangan Korem - Foto Turmuzi

MATARAM – Jelang pengumuman hasil rapat pleno rekapitulasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) 2018 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Korem 163 Wira Bhakti siagakan pasukan untuk melakukan pengamanan.

“Hari ini KPUD NTB melaksanakan rapat pleno penetapan hasil Pilkada serentak 2018. Untuk itu, Korem telah siagakan pasukan guna mengamankan pengumuman hasil rapat pleno rekapitulasi Pilkada,” kata Danrem 162/WB, Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani di Mataram, Minggu (8/7/2018).

Rizal berharap, agar selama pelaksanaan rapat pleno maupun pengumuman hasil rapat pleno atau penetapan pemenang Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur NTB oleh KPUD NTB berjalan aman dan lancar.

Kepada Paslon, tim sukses, simpatisan maupun masyarakat diminta bisa ikut menahan diri dan tidak mudah terprovokasi. Apa pun hasilnya bisa disikapi dengan bijak, kalaupun merasa tidak puas bisa menempuh jalur hukum.

“Harus bisa menahan diri, supaya situasi di tengah masyarakat tetap aman dan terkendali,” katanya.

Selain itu, dirinya juga mengimbau dan mengingatkan para Babinsa agar melakukan pendekatan berkomunikasi terhadap kelompok-kelompok yang ingin mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat. Baik dalam bentuk teror bom maupun yang lain.

Dengan proaktif melaksanakan pembinaan di lingkungan tempat tinggal atau pun kepada masyarakat binaannya untuk temu cepat dan lapor cepat sehingga dapat dilakukan deteksi dini serta cegah dini secara prosedural.

“Meminta kepada seluruh Babinsa agar bersama-sama dengan unsur pemerintahan desa atau kelurahan melaksanakan pendataan kembali terhadap penduduk pendatang (Duktang) mengantisipasi adanya kelompok yang tidak diinginkan,” katanya.

Selain di Gebang Mataram, Apel siaga juga dilaksanakan di Kodim 1606/Lombok Barat, Kodim 1620/Lombok Tengah dan Kodim 1615/Lombok Timur untuk memperkuat satuan Kepolisian dalam pengamanan Pilkada di Provinsi NTB.

KPU NTB sendiri mulai hari melakukan rapat pleno hasil rekapitulasi Pilkada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur dan rencananya akan diumumkan pada Senin 9 Juli 2018.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Nusa Tenggara Barat, Lalu Aksar Anshori, meminta kepada masyarakat bersabar menunggu hasil hitungan resmi dari KPU terkait pemenang Pilkada NTB 2018.

Permintaan tersebut disampaikan Aksar menyikapi hasil hitungan cepat dari lembaga survei dan klaim kemenangan dari sejumlah pasangan calon kepala daerah, gubernur, bupati dan walikota di NTB.

Kepada seluruh masyarakat NTB agar percaya, bersabar, menunggu hasil resmi dari KPU secara berjenjang setelah melaksanakan pemungutan dan penghitungan di semua TPS yang tersebar di seluruh kabupaten/kota.

Baca Juga
Lihat juga...