Kader Puskesmas di Banjarmasin Kampanyekan Pola Hidup Sehat

Editor: Mahadeva WS

542
Kepala Dinas Kesehatan Kalsel HM Muslim - Foto Arief Rahman

BANJARMASIN – Kader Puskesmas di Banjarmasin harus menjadi garda terdepan dalam upaya sosialisasi pola hidup sehat. Hal tersebut menjadi bagian utama dari upaya Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel HM Muslim mendorong gerakan hidup sehat bagi masyarakat Banua.

“Mulai tahun ini, seluruh kader puskesmas kita gerakkan untuk aktif ke rumah-rumah masyarakat dalam mengkampanyekan pola hidup sehat. Hal ini agar kualitas hidup masyarakat Banua bisa makin meningkat,” ungkap Muslim, Jumat (6/7/2018).

Kalsel merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang masyarakatnya kurang menyadari bagaimana menerapkan pola hidup sehat. Baik hidup sehat untuk diri sendiri maupun keluarga. Akibatnya, kini banyak bermunculan kejadian penyakit degeneratif seperti diabetes, kolesterol dan stroke.

Tercatat mereka yang terserang masih masuk katagori usia muda. “Penyakit yang timbul tersebut salah satunya dikarenakan karena pola hidup yang buruk dari masyarakat. Untuk itulah agar kasus ini bisa ditekan perlu dilakukan sosialisasi yang intensif terkait pola hidup sehat,” tambahnya.

Pola hidup sehat yang dikampanyekan diantaranya, banyak mengkonsumsi air putih, sayur dan buah. Melakukan olahraga ringan dan rutin serta melakukan istirahat yang cukup. Jika hal ini bisa dilakukan, diyakini kesehatan masyarakat Banua bisa jauh lebih terjamin. Dan masyarakat dapat terhindar dari berbagai penyakit seperti diabetes, kolesterol dan stroke.

“Dengan masyarakat yang sehat, tentunya mereka akan jauh lebih produktif untuk bisa berkarya bagi dirinya sendiri, keluarga hingga orang lain,” pungkasnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.