KEK Mandalika Tingkatkan Kunjungan Wisman

Editor: Mahadeva WS

234
General Manager LIA, l Gusti Ngurah Ardita/foto : Turmuzi

MATARAM – Selain Senggigi dan tiga Gili di Kabupaten Lombok Utara, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Lombok Tengah kini menjadi salah satu destinasi andalan untuk mendatangkan kunjungan wisatawan ke NTB.

“Keberadaan KEK Mandalika telah menjadi magnet baru pariwisata NTB, tidak heran kunjungan wisatawan setiap tahun terus mengalami peningkatan, terutama melalui bandara Lombok Internasional Airpot (LIA),” kata General Manager LIA, l Gusti Ngurah Ardita, Kamis (12/7/2018).

Berdasarkan catatan Angkasa Pura bandara LIA, sampai Juni 2018 jumlah penumpang naik 9,8 persen. Kenaikan terjadi baik untuk penerbangan domestik maupun mancanegara. Angka rata-rata penumpang perhari mencapai 12 ribu lebih. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan jumlah penumpang di tahun lalu. Predikat Lombok sebagai destinasi wisata, menjadikan karakteristik penumpang yang datang melalui bandara LIA adalah wisatawan yang hendak datang liburan.

“Kenaikan tersebut juga dipengaruhi libur lebaran yang bertepatan dengan liburan sekolah. Membuat kesempatan orang berlibur menjadi lebih panjang, membuat rata-rata pergerakan penumpang dalam satu hari relatif tinggi hingga 12 ribu orang, sehingga total penumpang hingga Juni 2018 sebanyak 1,8 juta lebih orang,”  ungkapnya.

Ardita mengatakan, setiap tahun jumlah penumpang melalui LIA terus mengalami peningkatan. Di 2017 jumlah penumpang LIA mencapai 3.589.812 orang atau naik 5 persen dari 2016.  Sedangkan kapasitas bandara saat ini mencapai 3.250.000 per tahun.

Kenaikan jumlah penumpang tersebut tentu saja berimbas pada tingkat kunjungan ke NTB khusus Lombok juga meningkat. Hal tersebut berdampak pada pergerakan perekonomian NTB. “Terlebih lagi penambahan infrastruktur sudah dilakukan tidak hanya di LIA namun juga destinasi wisata lainnya, terutama infrastruktur jalan, baik yang dibangun Pemda NTB maupun pemerintah pusat,” tandasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata NTB, Lalu Mohammad Faozal menargetkan kunjungan wisatawan ke NTB pada 2018 ini sebanyak 4 juta kunjungan. Selain destinasi wisata, diselenggarakannya sejumlah even berskala nasional maupun internasional akan mendongkrak kunjungan wisatawan, termasuk semakin mengenalkan NTB di mata dunia.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.