Kemandirian Ekonomi Kaum Hawa Jadi Fokus Perwira Kalsel

Editor: Mahadeva WS

258
Ketua Perwira Kalsel Hj Mariaty - Foto Arief Rahman

BANJARMASIN – Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia (Perwira) Kalsel sedang fokus untuk mendorong kemandirian kaum hawa di Banua. Organisasi tersebut menginginkan para wanita bisa mandiri dari sisi ekonomi.

Ketua Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia (Perwira) Kalsel Hj Mariaty mengatakan, salah satu cara yang dilakukan adalah dengan membantu kaum hawa menciptakan usaha. Dengan pekerjaan tersebut diharapkan mereka bisa mendapatkan tambahan pemasukan untuk keluarga.

“Kita sudah membentuk beberapa kelompok usaha di beberapa daerah, salah satunya di Kota Banjarbaru, untuk memberikan pelatihan usaha yang intensif bagi kaum hawa. Sejauh ini malah beberapa orang dari kelompok tadi sudah ada yang membuka usaha,” tegas pemilik Hotel Ratu Elok Syariah tersebut, Selasa (10/7/2018).

Bukan hanya melatih untuk berwirausaha, Perwira Kalsel secara intensif juga membantu pemasaran produk dari para pengusaha wanita yang dibinanya. Hal tersebut dilakukan dengan mengikutkan mereka dalam setiap even bazar yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun swasta.

“Kita juga sudah menandatangani kontrak pada salah satu Mall di Kalsel agar diberikan space khusus untuk mereka berjualan secara gratis. Cara ini bahkan sudah berjalan hingga dua tahun terakhir,” tambahnya.

Selain dari sisi pelatihan dan pemasaran, Perwira Kalsel juga telah membentuk koperasi usaha simpan pinjam yang diperuntukan bagi pengusaha wanita binaan yang ingin mengembangkan usahanya. Saat ini koperasi tersebut baru bisa memberikan pinjaman di angka jutaan.

Dengan berbagai cara tersebut, Perwira Kalsel ingin ikut berkontribusi dalam menciptakan ratusan pengusaha wanita di Banua setiap tahunnya. Dengan banyaknya pengusaha wanita, dapat berimbas positif bagi pertumbuhan ekonomi mikro dan mampu mendorong peningkatan pendapatan dalam sebuah keluarga.

“Untuk bisa mewujudkan hal tersebut, kami tentunya tidak bisa sendiri. Diperlukan perhatian pemda, pemkab setempat hingga peran swasta untuk ikut bersinergi dengan Perwira Kalsel,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...