Kena OTT, Bupati Lamsel Digelandang KPK

Editor: Mahadeva WS

191

JAKARTA — Jumat (27/7/2018), rombongan sejumlah pihak yang terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) tiba di KPK. Petugas KPK menangkap Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan dalam OTT di daerah tersebut.

Hasan ditangkap bersama sejumlah orang yang diduga terlibat dalam dugaan suap atau gratifikasi. “Benar sejumlah pihak yang sebelumnya ikut terjaring OTT KPK di Lampung Selatan sudah dibawa ke Jakarta, selanjutnya mereka akan menjalani pemeriksaan intensif,” ujar Ketua KPK Agus Rahardjo, Jumat (27/7/2018).

Agus menyebut, Pimpinan KPK pada Jumat malam dijadwalkan menggelar jumpa pers mengenai hasil OTT tersebut. Hal itu dikarenakan, OTT KPK berlangsung Kamis malam hingga Jumat dini hari.

Kabiro Humas KPK Febri Diansyah menyebut, pihak yang diamankan dalam OTT di Lampung Selatan di bawa ke lantai II untuk menjalani pemeriksaan intensif pada Jumat (27/7/2018). “Penyidik KPK masih punya waktu maksimal 1 X 24 jam untuk segera menentukan status hukum sejumlah pihak yang terjaring OTT, nanti semuanya akan dijelaskan pada saat jumpa pers yang rencananya akan digelar Jumat malam, nanti akan diketahui siapa yang akan ditetapkan sebagai tersangka maupun saksi,” tandasnya.

Dalam OTT tersebut, selain mengamankan sejumlah pihak, KPK juga mengamankan barang bukti uang tunai Rp700 juta. KPK meyakini, uang tersebut patut diduga sebagai suap atau gratifikasi, berupa hadiah yang diberikan kepada Bupati Lamsel.

Diduga ada sejumlah oknum pengusaha atau kontraktor yang sengaja memberikan uang tersebut, sebagai imbalan perizinan sejumlah proyek infrastruktur di lingkungan Pemkab Lampung Selatan.

Baca Juga
Lihat juga...