Kenaikan Harga Telur Turut Pengaruhi Usaha Kuliner di Lamsel

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

145

LAMPUNG — Kenaikan harga komoditas telur secara bertahap sejak bulan Mei silam hingga Juni berdampak terhadap usaha kecil di Lampung Selatan. Sejak Mei, harga terus naik, mulai dari Rp22.000 per kilogram, Rp24.000 dan terakhir Juli bertengger di Rp27.000/kg.

Santi (30) salah satu penjual nasi goreng dan kuliner lain menyebutkan, kenaikan tersebut membuatnya usahanya harus mengeluarkan biaya ekstra. Hal tersebut dikarenakan ia tidak dapat langsung menaikkan harga kepada konsumen.

“Dilema bagi kami pemilik usaha kuliner adalah kenaikan harga bahan baku, meski naik namun kami kerap tidak ikut naik karena resiko pelanggan bisa beralih,” terang Santi salah satu pemilik usaha kuliner di desa Sumur kecamatan Bakauheni di Jalan Lintas Timur, Selasa (10/7/2018).

Sebelumnya, satu butir telur dibeli Rp900 dan saat ini menjadi Rp1.800 perbutir. Pembelian dalam jumlah banyak terpaksa dilakukan sebagai upaya penghematan.

Ia menyebut berharap harga telur bisa kembali stabil pada angka Rp20.000 hingga Rp22.000 per kilogram. Sebagai pemilik usaha kecil bidang kuliner, Santi memastikan, kenaikan harga bisa mengurangi omzetnya.

“Semula bisa mendapat omzet Rp1juta perhari, bisa berkurang ratusan ribu akibat mahalnya bahan baku,” sebutnya.

telur
Dayu Kartika [Foto: Henk Widi]
Dayu Kartika (27), kasir di salah satu cafe di Jalan Lintas Sumatera KM 3 Bakauheni menyebutkan, mengantisipasi mahalnya harga ia terpaksa tidak membeli telur di pengecer pasar. Petugas belanja kebutuhan untuk cafe langsung memesan dalam jumlah cukup banyak dari peternak. 

“Kita mendapat potongan harga hingga empat ribu per kilogram karena penjualan kuliner dari telur cukup lancar,” beber Dayu Kartika.

Suminah (40), salah satu pedagang telur di pasar tradisional Bakauheni menyebutkan, tidak mengetahui pasti penyebab kenaikan harga. Sebagian distributor beralasan kenaikan imbas dari harga pakan unggas yang naik.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.