Klinik Kejiwaan RS TC Hillers Dibanjiri Bacaleg

Editor: Mahadeva WS

462

MAUMERE – Rumah Sakit TC Hillers Maumere kebanjiran Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) Pemilu 2019. Para calon anggota dewan tersebut mencari surat keterangan kesehatan jiwa dari rumah sakit tersebut.

Direktur RS TC Hillers Maumere dr.Clara Y.Francis,MPH. Foto : Ebed de Rosary

RS TC Hillers Maumere menjadi satu-satunya rumah sakit yang ditunjuk oleh KPU NTT untuk melayani keberadaan surat kesehatan jiwa tersebut. “Kami sudah mendapat surat dari KPU NTT dimana rumah sakit kami menjadi satu-satunya rumah sakit di Flores yang direkomendasikan KPU untuk melayani Bacaleg yang akan melakukan tes kejiawaan,” sebut Direktur RS TC Hillers Maumere dr.Calra Y.Francis, Selasa (10/7/2018).

Penunjukan tersebut tidak terlepas dari adanya dokter spesialis kejiwaan di RS TC Hillers. Dan dengan rekomendasi tersebut, diperkirakan rumah sakit tersebut akan didatangi ribuan bacaleg. “Jadi bisa dipastikan seluruh bakal calon legislatif dari sembilan kabupaten di Flores yakni Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Ende, Sikka, Flores Timur dan Lembata akan melakukan melakukan pemeriksaan kejiwaan di RS TC Hillers Maumere,” tandasnya.

Banyaknya bacaleg yang akan mengikuti pemeriksaan kejiwaan di RS TC Hillers, diantisipasi dengan menambah jam kerja atau lembur. Loket dan pelayanan akan dibuka sampai pukul 17.00 WITA. “Banyaknya orang yang datang sudah kami antisipasi dengan membuka loket khusus agar tidak mengganggu pasien umum termasuk di laboratorium. Sejak kemarin sudah banyak bakal calon legislatif yang melakukan pemeriksaan kesehatan dimana untuk pemeriksaan kejiwaan dikenai biaya hingga Rp350 ribu,” tambahnya.

Wakil ketua DPRD Flores Timur Robertus Rebon Kreta yang ditemui Cendana News di klinik kejiwaan RS TC Hillers Maumere mengatakan, dirinya datang bersama seluruh bakal calon anggota legislatif yang akan mencalonkan diri menjadi anggota DPRD Flores Timur (Flotim). Jumlahnya mencapai 30 orang.

“Partai kami merasa ini salah satu persyaratan untuk menjadi calon legislatif maka kami semua sepakat melakukan pemeriksaan  kejiwaan di RS TC Hillers Maumere. Pertimbangannya bila di Maumere akan lebih mudah dan dekat dengan kota Larantuka dan bisa lewat jalan darat, daripada harus melakukan pemeriksaan di Kupang,” sebutnya.

Tes kejiawaan disebut Robert penting. Tes kesehatan jiwa selama ini, hanya diberlakukan bagi calon yang akan bertarung menjadi kepala daerah. Baru kali ini syarat tersebut diberlakukan untuk calon anggota legisltaif.

Bila setiap kabupaten rata-rata 30 kursi DPRD, maka jumlah bacaleg dari setiap kabupaten ada 480 orang yang berasal dari 16 partai politik yang lolos untuk mengikuti Pemilu 2019. Mereka semua akan menjalani tes kejiwaan di RS TC Hillers Maumere. Dengan demikian, akan ada sekira 4.500 orang bacaleg kabupaten dan juga provinsi yang akan datang dan menjalani tes kejiwaaan di RS TC Hillers Maumere selama seminggu mulai Senin (10/7/2018).

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.