Kontes Ternak Sapi Situbondo Tingkatkan Harga Jual

393
Ilustrasi sapi diikutkan dalam kontes ternak sapi - Foto: Dok. CDN

SITUBONDO — Dinas Peternakan Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, kembali menggelar kontes ternak sapi berbagai kategori yang bertujuan meningkatkan harga jual sapi peternak setempat.

“Selain untuk memberikan pembinaan kepada peternak di sektor peternakan, kontes ternak sapi yang digelar pemerintah daerah juga guna membantu meningkatkan harga jual sapi, terlebih menjelang Hari Raya Idul Adha 2018,” ujar Ketua Panitia Kontes dan Ekspo Peternakan Situbondo, drh Gaguk Musdjianto kepada sejumlah wartawan, Rabu (25/7/2018).

Kontes ternak sapi yang digelar di lapangan Eks 514, Desa Kotakan, Kecamatan Kota Situbondo ini, lanjut dia, diikuti sebanyak 238 ekor sapi dan ternak kambing serta domba yang merupakan ternak terbaik hasil seleksi dari 17 kecamatan yang tersebar di Kabupaten Situbondo.

Ratusan ternak ini, katanya, mengikuti 14 kategori lomba, di antaranya lomba pedet betina peranakan ongole (PO), calon induk PO, induk PO dan pejantan PO, pedet betina hasil inseminasi buatan (IB), calon induk hasil IB, induk hasil IB, calon kreman hasil IB, kreman hasil IB dan kategori ekstrem.

Empat kategori lainnya, antara lain pejantan domba ekor gemuk (DEG) dan induk DEG serta pejantan dan induk kambing Peranakan Ettawa (PE).

“Untuk kontes kali ini selain diikuti oleh seluruh peternak dari setiap kecamatan, kami juga mengundang peternak dari tujuh kabupaten/kota lain untuk mengikuti kontes ini. Akan tetapi ternak undangan itu hanya untuk kategori kreman hasil IB dan ekstrem saja yang tujuannya untuk lebih memotivasi dan meningkatkan budi daya ternak lokal di Situbondo,” tuturnya.

Ia menjelaskan, penilaian kuantitatif ternak yang dilombakan meliputi pengukuran dan penimbangan bobot ternak dan para juri juga akan melakukan penilaian kualitatif di antaranya tentang keserasian postur ternak baik dari depan samping hingga bagian bodi belakang juga menjadi penilaian.

“Kami juga menyiapkan stan bursa hewan kurban karena selain bersifat pembinaan hal ini juga untuk membantu para peternak agar harga ternak lebih meningkat,” katanya.

Kontes dan Ekspo Peternakan Situbondo ini berlangsung hingga pada selama tiga hari mulai 24 hingga 26 Juli 2018. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...