Korupsi APBDes, Polisi Geledah Kantor Desa Sekarwangi

378
Antikorupsi, ilustrasi -Dok: CDN

KARAWANG – Polres Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menggeledah Kantor Desa Sekarwangi, Kecamatan Rawamerta. Hal itu menjadi tindaklanjut penyelidikan terhadap dugaan tindak pidana korupsi pembangunan infrastruktur desa.

Pembangunan tersebut menggunakan anggaran dari APBDes setempat. “Ada beberapa dokumen yang kami sita dalam penggeledahan itu,” kata Kasatreskrim Polres setempat AKP Maradona Armin Mappaseng, Kamis (12/7/2018).

Penyidik melakukan penggeledahan karena mencurigai adanya penyelewengan anggaran pembangunan desa di 2016-2017. Di antara dokumen yang disita, adalah laporan pertanggungjawaban dan proposal pembangunan turap atau drainase, pembangunan PAUD dan penyaluran dana Bumdes.

Sejumlah dokumen yang disita itu menjadi alat bukti dasar dan akan diaudit untuk diketahui jumlah kerugian negara. Untuk pembangunan turap pagunya mencapai Rp458 juta, tetapi hingga batas waktu yang telah ditentukan, pekerjaannya tidak selesai.

Selanjutnya ada anggaran yang harusnya digunakan untuk penggunaan pembangunan Paud sebesar Rp80 juta. Tetapi bentuk fisik PAUD tidak ada. Selain itu, pihaknya juga mencurigai adanya penyelewengan dana Bumdes senilai Rp12 juta. Untuk hal itu, polisi masih melakukan penyelidikan. Pihak kepolisian sudah melakukan pemeriksaan terhadap 15 saksi, termasuk memeriksa Kepala Desa Sekarwangi, Karta. Tetapi belum dilakukan penetapan tersangka dalam kasus itu. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...