KPK Periksa Istri Irwandi Yusuf

Editor: Mahadeva WS

990
Kabiro Humas KPK Febri Diansyah – Foto Eko Sulestyono

JAKARTA — Penyidik KPK memeriksa Darwati Gani, Istri dari Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, Selasa (31/7/2018). Darwati menjadi salah satu saksi yang diperiksa dalam kasus korupsi yang menjerat Irwandi Yusuf.

Kabiro Humas KPK Febri Diansyah menyebut, Darwati diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Syamsul Bahri. “Darwati istri Irwandi Yusuf dipanggil bersama sejumlah saksi terkait lainnya. Diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi untuk tersangka Syamsul Bahri, keterangan Darwati diperlukan penyidik untuk melengkapi berkas pemeriksaan tersangka,” jelasnya, Selasa (31/7/2018).

Selain Darwati, saksi lain yang diperiksa dalam kasus tersebut pada Selasa (31/7/2018) adalah, Apriansyah, Ade Kurniawan, Alhudri sebagai Kepala Dinas Sosial Pemprov Aceh dan Taqwa sebagai Asisten II Sekda Pemprov Aceh.  “Empat saksi diperiksa untuk tersangka Irwandi Yusuf, mereka juga akan bersaksi untuk tersangka lainnya yaitu Ahmadi, Bupati non aktif Bener Meriah, Provinsi Aceh, dalam kasus tersebut Ahmadi diduga sebagai pihak pemberi suap atau penyuap untuk mendapatkan anggaran yang lebih besar,” tandas Febri Diansyah.

KPK menduga, Irwandi telah menerima suap dari Ahmadi. Total pemberian suap sebagai commitment fee tersebut mencapai Rp1,5 miliar. Suap diberikan untuk mendapatkan alokasi anggaran yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA). Hingga saat ini penyidik KPK menetapkan empat orang tersangka dalam kasus tersebut. Masing-masing adalah, Ahmadi, Irwandi Yusuf dari unsur pejabat penyelenggara negara dan dua orang  lainnya dari unsur swasta yaitu Syamsul Bahri dan Hendri Yuzal.

Baca Juga
Lihat juga...