Kurangi Aroma tak Sedap di Wisma Atlet

Editor: Satmoko Budi Santoso

205
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan terkait pemasangan kain jaring hitam yang dipasang di Kali Item untuk mengurangi aroma tak sedap, di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (20/7/2018). Foto Lina Fitria

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menjelaskan terkait pemasangan kain jaring hitam yang dipasang di Kali Item, bertujuan untuk mengurangi aroma tidak sedap yang berasal dari kali tersebut.

Pemasangan kain itu pun, diakui Anies, untuk mengurangi aroma tidak sedap sampai ke Wisma Atlet yang kini ditempati oleh atlet-atlet dari berbagai negara yang akan bertanding di ajang Asian Games mendatang.

“Kebetulan kafetaria (Wisma Atlet) lokasinya berada di sisi halaman yang dekat dengan sungai, sehingga pada waktu-waktu tertentu, utamanya siang dan sore ketika sungai mengalami penguapan aroma dari sungai itu, terhembus angin dan tercium di lingkungan Wisma Atlet,” kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (20/7/2018).

Dengan digunakannya jaring itu untuk menanggulangi polusi dari Kali Item, Anies berharap penutupan itu guna meminimalisir polusi berasal dari Kali Item.

“Kain hitam itu sebetulnya jaring tipis di Kali Item. Jadi Kali Sentiong yang biasa dijuluki Kali Item itu memiliki masalah polusi cukup tinggi. Air yang mengalir ke sana polusinya tinggi sampai kalinya disebut Kali Item. Sudah bertahun-tahun warnanya hitam. Tapi bukan hanya warnanya, aromanya juga,” ujarnya.

Menurut Anies, setiap sore Kali Item menguapkan aroma yang tak sedap. Sehingga dikhawatirkan mengganggu kenyamanan para atlet.

“Di samping Kali Sentiong ini ada kompleks Wisma Atlet yang kebetulan kafetarianya berada di halaman yang dekat dengan sungai. Pada waktu tertentu, utamanya siang-sore ketika sungai mengalami penguapan, maka aroma dari sungai itu terhembus angin dan tercium di lingkungan,” ujar Anies.

Menurut Anies, Kali Item sudah bertahun-tahun warnanya hitam. Selain itu baunya yang tak sedap kerap menguap juga jadi polusi bau bagi lingkungan sekitarnya.

“Sudah menahun di situ. Saya yang menginstruksikan memang, setelah saya berdiskusi dengan beberapa orang pakar, salah satu caranya adalah dengan mengurangi proses penguapan dari sungai itu. Penguapannya adalah dengan diberikan kain penutup,” pungkasnya.

Anies mengatakan, sejumlah usaha telah dilakukan sebelum menutup kain itu. Pihaknya bahkan telah menertibkan pabrik-pabrik tahu yang diduga mencemari sungai. Setelah ini, akan ada lagi upaya yang dilakukan untuk mengurangi bau dari Kali Item.

“Minggu depan Insha Allah akan ada tambahan usaha untuk membersihkan sungai itu. Sedang disiapkan,” kata Anies.

Anies pun sudah berdiskusi dengan sejumlah pakar terkait persoalan ini. Salah satu upaya yang bisa dilakukan ialah dengan mengurangi proses penguapan dari air sungai tersebut.

“Dari situlah muncul ide diberi kain jaring penutup untuk mengurangi penguapan akibat panas matahari,” katanya.

“Jadi ini bukan soal menutup warna sungai yang hitam, tapi juga lebih banyak pada soal aroma. Ini salah satu usaha kita, nanti kita lihat lagi,” sambungnya.

Demi berlangsungnya perhelatan Asian Games dan Asian Para Games berakhir, sungai itu akan disterilisasikan agar tak berwarna pekat dan aroma tak sedap.

“Jadi nanti akan ada upaya lebih lanjut. Nanti akan disterilisasi, terus ditambah akan ada tanaman di sisi-sisinya biar lebih cantik,” katanya.

Diketahui, kali yang berbatasan antara Sunter dan Kemayoran ini memang memiliki tingkat polusi yang cukup tinggi, air di kali ini juga berwarna hitam pekat.

Di dekat kali ini, memang diketahui banyak industri kecil rumahan serta pemukiman warga yang biasa membuang limbah langsung ke kali tanpa melakukan sterilisasi limbah terlebih dahulu. Tak hanya itu, di sekitar kali ini juga terdapat tempat pembuangan sampah yang cukup besar.

Diberitahukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus berbenah menjelang perhelatan Asian Games sejak 18 Agustus hingga 2 September 2018 mendatang. Salah satu lokasi menjadi perhatian kawasan Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Lokasi wisma yang berdekatan dengan Kali Sentiong itu atau biasa disebut Kali Item menjadi sorotan lantaran nantinya dinilai dapat mengganggu kenyamanan atlet saat Asian Games berlangsung.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.