Libur Sekolah, Perpus Yogyakarta Gelar Program Wisantika

Editor: Mahadeva WS

358

YOGYAKARTA – Musim liburan sekolah kali ini, Perpustakaan kota Yogyakarta menggelar program Wisantika atau Wisata Pustaka Untuk Siswa dan Pemustaka. Kegiatan tersebut diikuti ratusan siswa mulai dari TK hingga SMP.

Program tersebut digelar untuk memberikan kesempatan bagi siswa memanfaatkan waktu libur sekolah dengan kegiatan positif. Baik kegiatan yang bersifat meningkatkan literasi maupun kreasi dan imajinasi.

Kepala Bidang Pengembangan dan Pengelolaan Perpustakaan, Nunun Zulaikha – Foto: Jatmika H Kusmargana

Kepala Bidang Pengembangan dan Pengelolaan Perpustakaan Kota Yogyakarta, Nunun Zulaikha menjelaskan, serangkaian kegiatan liburan di Perpus Kota Yogyakarta atau Holiday School at Perpus Kota yang menjadi bagian dari program Wisantika digelar rutin setiap libur panjang sekolah.

“Perpustakaan Kota Yogyakarta selalu berupaya memberikan ruang bagi pelajar di Kota Yogyakarta untuk dapat meningkatkan kemampuan literasi dasarnya dan mengembangkan daya kreasi serta imajinasinya. Berbagai kegiatan liburan di Perpus Kota ini menjadi pelengkap fungsi perpustakaan sebagai rumah belajar yang nyaman sekaligus tempat wisata yang edukatif,” tuturnya, Kamis (12/7/2018).

Di program Wisantika, perpustakaan Kota Yogyakarta menggelar acara bertajuk Liburan di Perpus Kota. Di liburan kali ini digelar tiga kegiatan menarik bagi anak-anak usia TK hingga SMP.  Diantaranya, Liburan di Perpus Kota bagi anak usia TK hingga SD, Asyiknya Membuat Film, dan Junior Smart Camp yang dilaksanakan dengan mengunjungi Jogja Exotarium.

“Pelatihan ini didesain menarik dengan digabungkan dengan kegiatan outbond. Seluruh peserta diharapkan dapat merasakan pelatihan menulis yang penuh makna (meaningful), penuh hikmah (insightful), menyenangkan (fun), bernuansa petualangan (adventure), belajar dari pengalaman (experiental learning), dan bernuansa persahabatan,” ujarnya.

Sementara liburan di Perpus Kota bagi anak usia TK hingga SD dilaksanakan selama empat hari  di halaman Perpustakaan Kota di Jl Suroto no.9 Kotabaru. Peserta yang sudah mendaftrakan diri diajak untuk membuat kreasi kuda lumping kardus dan menyaksikan penampilan tarian kuda lumping dari sanggar sekolah Gajah Wong.

Selain itu mereka diajak membuat tas kaos bekas, membuat topeng kain perca serta diakhiri dengan karnaval sembari membagikan bibit tanaman kepada masyarakat. “Untuk kegiatan Movie Maker ditujukan bagi anak usia 12 – 15 tahun. Peserta akan dibimbing secara langsung membuat vlog. Termasuk bagaimana bercerita secara visual melalui video dan blog. Anak-anak generasi milenial yang akrab dengan piranti gadget dan media sosial tentu sangat tertarik untuk berbagi cerita dengan dunia maya tanpa batas,” katanya.

Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta,Wahyu Hendratmoko menjelaskan, liburan di Perpustakaan Kota Yogyakarta menjadi salah satu alternatif mengisi waktu libur sekolah yang bermanfaat bagi anak-anak yang bebas biaya. Ia pun berharap agar Perpustakaan Kota Yogyakarta tidak hanya sekedar menjadi tempat belajar yang nyaman tetapi juga harus bisa menjadi tempat rekreasi yang menyenangkan.

Baca Juga
Lihat juga...