LKKS: Posdaya Berpotensi Lahirkan SDM dan Keluarga yang Berkualitas

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

225

SOLOK — Ketua Lembaga Koordinasi Kesehahteraan Sosisal (LKKS) Sumatera Barat, Nevi Zuairina menyatakan, Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) memiliki peran penting dan strategis dalam penanganan masalah kemiskinan. 

“Melalui Posdaya itu dapat memberikan kontribusi yang besar dalam mencetak Sumber Daya Manusia yang berkualitas, sehingga konsep Posdaya diharapkan bisa membantu pemerintah, terutama dalam upaya pemberdayaan keluarga,” katanya, Sabtu (28/7/2018).

Ia menyatakan, keberadaan Posdaya perlu ditingkatkan dengan cara pembinaan SDM, penyediaan sarana dan prasarana maupun dengan mengembangkan jaringan sosialnya.

Pada kesempatan kunjungan kerjanya di Kota Solok dalam rangka Kegiatan “Sosialisasi Penguatan Peran Posdaya Dalam Penanggulangan Kemiskinan dan Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial”, Nevi mengapresiasi upaya Posdaya dalam menjalankan empat pilar, yakni pilar pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan ekonomi.

Kegiatan sosialisasi yang turut dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Solok Rusdianto, bersama para Pengurus Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS), Dharmawanita dan PKK Kota Solok itu, merupakan gebrakan dari LKKS yang menginginkan agar Posdaya terus tumbuh dan berkembang di Sumatera Barat.

Ia menjelaskan saat ini Posdaya yang ada di Indonesia 40 ribu, sedangkan di Sumatera Barat baru ada sekitar 1.000. Untuk itu, ke depan ditargetkan akan terus bertambah dari waktu ke waktu.

“Karena Posdaya merupakan upaya yang tepat untuk membantu masyarakat yang kurang mampu, yang berada di sejumlah pelosok daerah,” sebutnya.

Menurutnya, Posdaya dinilai dapat mendorong masyarakat semakin berdaya, baik secara ekonomi, pendidikan, kesehatan, lingkungan, sosial budaya dan agama.

Nevi menilai hal demikian nantinya akan dapat memberikan kontribusi yang besar dalam mencetak sumber daya manusia yang berkualitas, sehingga konsep Posdaya ini diharapkan bisa membantu mengatasi hambatan yang selama ini menjadi kendala dalam upaya pemberdayaan keluarga.

Selain itu, Sekretaris Daerah Kota Solok, Rusdianto mengapresiasi serta menyambut baik adanya perhatian serius dari LKKS Sumatera Barat dalam melakukan pembinaan terhadap anggota dan pengurus LKS yang selama ini mengurus Posdaya, dan Dharmawanita yang ada di Kota Solok.

“Di Solok cukup banyak Posdaya yang saat ini berjalan dengan baik, yang tersebar dari berbagai daerah di Solok. Tentunya saya berharap, peran Posdaya turut membantu kinerja pemerintah,” katanya.

Baca Juga
Lihat juga...