Lukisan Hitam Putih Lebih Reflektif

Editor: Koko Triarko

194
JAKARTA – Dalam setiap pameran, selalu memberikan sesuatu yang baru. Kebaruan dalam karya, aliran, gaya dan lainnya. Tak kecuali, pameran lukisan ‘Visible Form of Feelings’ Duet Exhibition by Agung Fitriana & Windi Apriani yang ternyata adalah pasangan suami istri (pasutri).
Pameran yang berlangsung dari 20 Juni sampai 13 Juli 2018 ini memamerkan karya yang berbeda dengan pameran-pameran biasanya.
“Sebenarnya, saya kurang begitu mengerti tentang lukisan, tapi saya selalu menyempatkan diri untuk melihat pameran lukisan, karena setiap melihat lukisan kita selalu mendapatkan sesuatu,“ kata Dewi Amani, salah seorang pengunjung pameran lukisan, Selasa (3/7/2018).
Amani membeberkan, bahwa setiap melihat pameran ia mendapatkan sesuatu yang baru. “Seperti pada pameran ini, saya sangat kagum pada ketekunan pelukisnya begitu hebat mampu membuat lukisan yang seperti foto dan kemudian diedit, padahal itu benar-benar sebuah karya lukisan dengan diarsir begitu teliti dan tekunnya,“ bebernya.
Menurut Amani, pasangan suami istri Agung Fitriana dan Windi Apriani yang berpameran ini membuat dirinya semakin kagum. “Tak biasanya pasangan suami istri yang sama-sama aktif dalam dunia seni, apalagi bentuk keseniannya sama-sama lukisan sungguh sangat mengagumkan, dalam menjalin chemistry berkesenian,“ paparnya.
Kedua pelukis tersebut, kata Amani, tentu masing-masung punya ciri khasnya masing-masng.
“Windi dengan lukisan yang arsiran yang mampu bermain dalam gelap terang, sedangkan Agung dengan lukisan memunculkan lapisan-lapisan dengan nada-nada warna atau toningnya,“ tuturnya.
Amani merasa, pameran kali ini berbeda dengan pameran yang sebelumnya. “Kalau sebelumnya pameran lukisan yang colour full, sedangkan pameran sekarang ini hitam-putuh, gelap terang hingga nada-nada warna atau toning, yang justru lebih reflektif menjadi perenungan yang dalam,“ ujarnya.
Harapan Amani, pameran lukisan diperbanyak lagi untuk menambah wawasan dan sebagai rekreasi pikiran. “Kalau lihat lukisan, pikiran kita jadi lebih fresh,“ pungkasnya.
Baca Juga
Lihat juga...