Madrasah di Bangka tak Terapkan Sistem Zonasi

206
Ilustrasi -Dok: CDN
KOBA – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyatakan, sekolah madrasah di daerahnya untuk semua tingkatan tidak menerapkan sistem zonasi.
“Kendati sekolah naungan Kemendikbud menerapkan sistem zonasi, namun sekolah naungan Kementerian Agama tidak menerapkan sistem demikian,” kata Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Bangka Tengah, Sawiran, di Koba, Senin (9/7/2018).
Ia menjelaskan, sama seperti sekolah swasta, MI, MTs, dan MA negeri belum memberlakukan PPDB sistem zonasi, lantaran mengacu pada peraturan dari pemerintah pusat yang mengatur PPDB di setiap daerah. Kendati demikian, ada beberapa madrasah yang ikut menerapkan sistem online pada PPDB 2018.
“Sekolah madrasah masih berpatokan pada umur, sama seperti tahun sebelumnya, artinya terbuka untuk siswa yang berasal dari mana saja, tetapi harus berdasarkan umur, khususnya untuk MI,” katanya.
Ia menjelaskan, saat ini tercatat 17 sekolah dari semua jenjang pendidikan yang berada dalam naungan Kementerian Agama dan lembaga pendidikan tersebut tersebar di enam kecamatan.
“Semua lembaga pendidikan tersebut tidak menerapkan sistem zonasi, melainkan penerimaan terbuka untuk siswa dari mana saja, baik secara online maupun tidak,” katanya.
Ia menjelaskan, ada banyak pertimbangan kenapa Kemenag tidak menerapkan sistem zonasi, di antaranya jumlah sekolah madrasah lebih sedikit dibanding sekolah di bawah naungan Kemendikbud.
“Kemudian belum ada aturan terbaru yang mengatur ke arah tersebut, kami masih menerapkan sistem tahun sebelumnya dalam menerima siswa baru,” katanya. (Ant)
Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.