Malang, Kota Transit Api Obor Asian Games 2018

Editor: Satmoko Budi Santoso

1.745
MALANG – Kota Malang menjadi salah satu kota transit Api Obor Asian Games sebelum nantinya berakhir di Gelora Bung Karno Jakarta. Api obor Asian Games dibawa para atlet dan mantan atlet dari perbatasan kota Malang (Kelurahan Kacuk) menuju Balaikota Malang secara estafet.
Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Malang, Sutiaji, mengaku bangga kota Malang terpilih menjadi salah satu tempat transit api Asian Games di Jawa Timur yang dimulai dari beberapa hari yang lalu dan Insya Allah akan terus bergerak dari kota yang satu ke kota yang lain.
“Untuk itu kita tunjukkan bumi Arema yang kita cintai ini, dengan slogan salam satu jiwa bisa menjiwai sportivitas olahraga di ajang Asian Games yang menjadi kekuatan kita semua,” terangnya, usai menerima api obor Asian Games di Balaikota Malang, Jumat (20/7/2018). Dan mudah-mudahan Malang menjadi salah satu kota yang diperhitungkan di kancah nasional maupun internasional, tandasnya.
Mantan Atlet Panahan, Lilis Handayani – Foto Agus Nurchaliq
Ia berharap, meskipun Indonesia terdiri dari berbagai suku, ras dan agama tapi tetap satu Indonesia.
“Mudah-mudahan Malang yang terkenal dengan Salam Satu Jiwa bisa mengilhami dan menginspirasi kebersamaan. Boleh berbeda partai, agama, suku, ras bahkan rasa tetapi kita tetap satu Indonesia,” ujarnya. Malang bisa menjadi cikal bakal persatuan Indonesia dan persatuan dunia.
Sementara itu, mantan atlet panahan sekaligus pembawa obor dari Kahuripan hingga Balaikota Malang, Lilis Handayani mengatakan, saat ini masyarakat Indonesia haus akan kemenangan.
“Saya melihat antusias masyarakat sangat besar, sehingga kami berharap hal tersebut bisa memompa semangat para atlet untuk menjadi juara,” ucapnya.
Ketika Indonesia menjadi tuan rumah, setidaknya ada tiga hal yang perlu didapatkan. Pertama adalah pencapaian prestasi, kemudian pencapaian optimal dalam penyelenggaraan dan pencapaian optimal pemberdayaan seluruh masyarakat Indonesia.
“Sekarang ini adalah momentum bagi seluruh masyarakat, pengusaha maupun organisasi untuk memberikan dukungan penuh kepada para atlet kebanggaan Indonesia,” pungkasnya.
Baca Juga
Lihat juga...