banner lebaran

Mekarsari Lestarikan Buah Nangka Telanjang dari Rawa Bogel

Editor: Koko Triarko

249
CIBUBUR – Kota Bekasi di Jawa Barat memiliki buah yang tidak ada di daerah lain. Buah itu adalah Nangka Telanjang, yang berasal dari Rawa Bogel. Memiliki nama latin Artocarpus Heterophyllus, buah ini merupakan hasil mutasi gen secara alami.  
Pertumbuhan Nangka Telanjang cepat seperti nangka pada umumnya, dengan tinggi tanaman 8 – 10 meter. Mampu beradapatasi dengan baik pada ketinggian 0 – 800 meter di atas permukaan laut.
Manajer Riset dan Pengembangan Taman Buah Mekarsari, Dr. Azis Natawijaya, mengatakan, Nangka Telanjang pada awalnya tumbuh normal seperti nangka pada umumnya.
“Saat umur dua bulan, mulailah kulit merekah dan muncul bentuk menyerupai buah pisang yang semakin lama semakin besar dan banyak. Bentuknya tidak beraturan,” jelasnya.
Karena itu, katanya, tak heran di berbagai tempat, Nangka ini populer dengan sebutan Nangka berbuah Pisang. Karena daging buah yang sudah masak dapat dimakan langsung, hanya dengan mencabut daging buah tanpa perlu mengupas kulitnya. Rasa daging buah manis sedang dengan tekstur daging buah yang renyah.
“Buah sama seperti nangka biasa. Cuma yang membedakan rasa lebih manis dan tidak ada kulit. Makanya, disebut Nangka Telanjang,” jelasnya.
Nangka Telanjang diperbanyak dengan cara semai biji, cangkok, dan sambung susu. Tanaman asal biji mulai berbuah pada umur 6 – 7 tahun, sedangkan dari bibit cangkok dan sambung susu mulai berbuah umur 3 – 4 tahun.
Buat masyarakat yang ingin melihat buah asal Bekasi, bisa mengunjungi Taman Buah Mekarsari. Tanaman dapat dijumpai di Areal Lab. Biosari, Garden Center, Kebun buah Blok A dan Blok B.
Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.