Menikmati Kesunyian dan Keindahan Pasir Putih Pantai Sumbermuli Lamsel

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

240

LAMPUNG — Setelah sepekan bekerja butuh waktu sejenak menenangkan pikiran, Menikmati udara yang bersih, pasir putih alami, suasana yang masih sunyi dengan sajian ombak yang tenang sepertinya sangat menggoda untuk dikunjungi. Salah satu tempat yang cocok yakni Pantai Sumbermuli yang terletak di Dusun Sumbermuli Desa Totoharjo Kecamatan Bakauheni.

Akses masuk Pantai Sumbermuli dapat ditempu dari dua arah, yakni Jalan Lingkar Pesisir (Coastal Ring Road) Rajabasa desa Totoharjo dengan rjarak enam kilometer. Satu lagi yakni jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) melalui pintu keluar Jalan Tol Trans Sumatera dengan jarak sepuluh kilometer menggunakan moda transportasi mobil dan motor.

Pantai ini dikelola oleh warga secara swadaya sehingga akses masuk ke pantai masih terbatas. Kendaraan roda empat harus diparkir berjarak ratusan meter meski roda dua bisa sampai ke bibir pantai. Akses melalui perkampungan warga, kebun kelapa, pisang serta area tambak udang di bawah perbukitan menjadi pemandangan menakjubkan sebelum sampai ke lokasi.

Nanda (15) salah satu pengunjung bersama dua rekannya menyebut memilih ke pantai Sumbermuli karena ombak tenang dan pasir putihnya yang bagus. Ia bahkan bisa membuat istana pasir sekaligus mencari kerang yang berada di pasir putih tersebut untuk bermain congklak di rumahnya.

“Kami memilih berwisata di pantai Sumbermuli karena suasananya masih asri, sejuk dan cocok berfoto lalu diunggah ke media sosial buat seru-seruan bareng kawan,” terang Nanda dan dua rekannya pengunjung pantai Sumbermuli saat ditemui Cendana News.

Sajian air laut yang biru, ombak yang memecah di pasir putih berlatar belakang perbukitan dan perahu nelayan yang disandarkan di pantai kerap menjadi objek foto menarik.

Nanda bahkan mengaku selama mengunjungi pantai Sumbermuli beberapa kali kerap mengunggah suasana pantai itu ke media sosial. Suasana berbeda dengan pemandangan menarik bahkan mendorong kawan-kawannya berkunjung ke pantai tersebut.

Pantai yang baru dibuka masih minim fasilitas. Hal tersebut diakuinya wajar karena justru mendukung keasrian pantai yang masih terjaga tersebut. Jangan berharap bisa menemukan pedagang makanan, fasilitas tempat duduk hingga fasilitas toilet dan fasilitas pendukung layaknya objek wisata pantai lain.

Pantai Sumbermuli
Imam Bukhori (baju putih) kepala desa Totoharjo kecamatan Bakauheni Lamsel [Foto: Henk Widi]
Usman (50) salah satu warga Sumbermuli yang berprofesi sebagai petani dan terkadang melaut membenarkan bahwa pantai Sumbermuli jarang dikunjungi. Kendala akses jalan dan melewati aset pribadi sejumlah pemilik lahan tambak dan perkebunan warga membuat wisatawan memilih mengunjungi pantai lain.

Pengunjung awalnya justru didominasi para penghobi mancing dengan tekhnik memancing di tepi tebing (rock fishing).

“Pengunjung umum baru baru ini saja kerap datang ke sini setelah akses jalan diperbaiki selanjutnya kunjungan ke pantai Sumbermuli mulai ramai setiap akhir pekan,” papar Usman.

Pihak dusun mulai melakukan penataan, pembersihan dan pengelolaan pantai Sumbermuli dengan cara swadaya. Tujuannya agar pemberdayaan masyarakat dari sektor wisata bisa menambah pendapatan.

“Tujuan utama untuk mendongkrak pemasukan ekonomi dari sektor wisata, tapi aspek pendukung juga berkaitan dengan sapta pesona telah kami wujudkan,” beber Usman.

 

Kepala Desa Totoharjo, Imam Bukhori mengaku mendukung langkah warga memaksimalkan potensi wisata yang ada. Akses jalan memadai ke sejumlah destinasi wisata diakuinya terintegrasi satu sama lain. Kawasan Totoharjo memiliki beberapa spot wisata bahari diantaranya pantai Belebuk Karangindah, pulau Sekepol, pulau Mengkudu.

Pantai Sumbermuli
Nanda (baju merah kiri) dan kawan kawannya melakukan swafoto di pantai Sumbermuli [Foto: Henk Widi]
Semua objek wisata tersebut dikelola secara swadaya melalui Pokdarwis Ragom Helau dengan tujuan untuk pendapatan asli desa. Keberadaan pantai Sumbermuli yang terus dibenahi diakuinya akan semakin memperkaya objek wisata di desa yang dipimpinnya dan bisa menjadi sumber kesejahteraan bagi warganya dari sektor wisata.

Baca Juga
Lihat juga...