Menikmati Keunikan Rasa Keju Kejutan Buatan Mahasiswa UB

Editor: Makmun Hidayat

333

MALANG — Satu lagi kuliner menarik yang layak untuk di cicipi khususnya bagi para penggemar keju. Berbahan baku susu, produk keju ‘Kejutan’ buatan lima mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) ini justru memiliki rasa dan tekstur yang unik.

Kelima mahasiswa UB tersebut yakni Hidayatul Mustafidah Rohmawati, Mohammad Rizal Fauzi, Dindies Lupita Sari, Asri Endang dan Syanura Hyuga.

Manajer produksi Kejutan, Rizal menjelaskan, produk Kejutan terbuat dari bahan baku susu balen, yakni susu yang memiliki kandungan air cukup tinggi dan partikel padatnya juga banyak sehingga oleh Koperasi Unit Desa (KUD) di kembalikan lagi ke peternak.

“Oleh karena itu susu tersebut kita olah melalui proses elektrokalgulasi sehingga dihasilkan susu murni,” terangnya.

Mohammad Rizal Fauzi (kiri) bersama kawan-kawan – Foto: Agus Nurchaliq

 

Ketika sudah dihasilkan susu murni, kemudian diolah lagi untuk menjadi keju. Setelah mendapatkan keju, baru di proses lebih lanjut dengan mencampurkan bahan-bahan tambahan lainnya untuk di dapatkan produk Kejutan.

Menurutnya, rasa keju Kejutan berbeda dengan rasa keju dipasaran sehingga bisa dijadikan sebagai camilan.

“Keunggulan dari keju kami yakni bisa dijadikan sebagai camilan. Karena pada umumnya keju-keju dipasaran biasanya harus disandingkan dengan makanan lainnya agar rasanya tidak eneg sehingga tidak bisa langsung dijadikan cemilan,” ujarnya.

Selain itu produk Kejutan, bisa dijadikan cemilan sehat dan bergizi termasuk bagi orang yang sedang menjalankan program diet keto.

“Kandungan keju Kejutan sudah kami uji yaitu mengandung lemak 11,32 gram, protein 4,14 gram dan karbohidrat 30,44 gram,” tuturnya.

Kemasan cantik keju Kejutan original – Foto: Agus Nurchaliq

Lebih lanjut Rizal menyebutkan, terdapat beberapa varian rasa keju Kejutan yakni topping oreo, regal, mix dan original dengan harga 8 ribu rupiah.

“Dalam keadaan beku di suhu dibawa 20 derajat celsius bisa bertahan satu minggu. Tapi kalau di suhu ruang hanya bertahan selama 3-4 hari karena kami tidak menggunakan bahan pengawet,” terangnya.

Saat ini produk keju Kejutan sudah di pasarkan di Malang, Semarang, Jakarta, Jember dan Bogor.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.