Menikmati Senja dan Kerlip Lampion di Sungai Mahakam

Editor: Satmoko

288

SAMARINDA – Bagi Anda yang berencana mengunjungi Kalimantan Timur, jangan lupa singgah di Kota Samarinda. Kota ini menawarkan beragam tujuan pelesiran, mulai dari wisata alam, kuliner, budaya, hingga wisata air.

Jika membawa keluarga, Anda bisa memilih Kebun Raya Samarinda sebagai tujuan pelancongan. Atau mengunjungi desa budaya Pampang untuk melihat dari dekat aktivitas suku Dayak. Nasi Kuning dan Amplang adalah kuliner enak yang sudah jadi merek kota ini.

Tetapi, masyarakat Kota Tepian sendiri, saat ini tengah menggandrungi Mahakam Lampion Garden. Tempat tamasya keluarga yang berada di tepi Sungai Mahakam. Di sini para pengunjung dapat menikmati suasana Sungai Mahakam di kala senja, sambil menikmati lampion dalam berbagai rupa.

Kerlip Lampion di Tepi Mahakam, Samarinda – Foto Ferry Cahyanti

Mulai karakter superhero, binatang, mobil balap, hingga bangunan yang menjadi ikon kota-kota besar dunia. Memasuki arena ini, kita disambut replika Monas yang bertaburan cahaya. Setelah pintu masuk, ada Merlion, Batman, Robin, dan aneka satwa.

Tempat ini juga menyediakan permainan anak. Bagi yang suka tantangan, bisa mencoba ulat coaster, yaitu roller coaster berjarak pendek. Boleh juga menjajal gasing rides yang membawa tubuh penumpangnya berputar-berputar dengan kecepatan tinggi.

Merasakan pengalaman seru dikejar zombie di wahana virtual reality 9 dimensi, juga membutuhkan nyali. Atau mencoba hiburan yang menambah wawasan anak di  digital aquarium dan melukis. Berwisata sambil olahraga di arena trampolin dan flying tiger, atau menikmati kuliner dari berbagai daerah di satu tempat, food court.

Jangan melupakan suguhan utama Mahakam Lampion Garden, berfoto di hampir seluruh spot wisata ini. Pengunjung bisa menikmati foto bersama karakter superhero, binatang, hingga mobil sport.

Anwar (42), mengaku datang khusus dari Balikpapan untuk menikmati lokasi wisata ini. “Tempat ini menawarkan sesuatu yang berbeda, makanya saya kesini untuk mengobati rasa penasaran,” katanya.

Menurut Anwar, pengelola memahami kebutuhan anak-anak muda dan masyarakat Kalimantan Timur yang senang berswafoto.

Hal ini diamini Dian Novita, pengelola Mahakam Lampion Garden. “Sasaran utama kami adalah pengguna sosial media, khususnya facebook dan instagram yang jumlahnya sangat banyak,” kata dia, Minggu (15/7/2018).

Dengan membidik para pengguna sosmed, pengelola punya dua keuntungan sekaligus, yakni target pasar yang sudah jelas dan biaya pemasaran yang murah. Para pengunjung yang datang, rata-rata karena penasaran setelah melihat foro-foto teman atau keluarga.

Tempat wisata yang “instagramable” belakangan booming tak hanya di Kalimantan Timur. Seiring meroketnya pengguna sosial media, dan kegemaran masyarakat memublikasikan aktivitasnya, kalangan yang kreatif bisa menangguk untung. Di luar fakta tersebut, Mahakam Lampion Garden layak dikunjungi.

Apalagi untuk berswafoto dengan karakter superhero, plus menikmati semilir sungai Mahakam, kita hanya merogoh kocek Rp10 ribu di hari kerja dan Rp15 ribu pada akhir pekan. Wahana ini dibuka mulai jam 4 sore setiap hari, dan berakhir tengah malam.

Baca Juga
Lihat juga...