Menlu Retno Marsudi Awali Kirab Obor Asian Games 2018

Editor: Koko Triarko

361
YOGYAKARTA – Ribuan warga Yogyakarta, termasuk anak-anak sekolah, dari tingkat SD hingga SMP dikerahkan untuk memeriahkan Pawai Obor Asian Games 2018 di Kota Yogyakarta, Kamis (19/7/2018) pagi ini. 
Setelah Api Abadi dari India disatukan dengan Api Abadi Mrapen dari Grobogan, Jawa Tengah, menjadi Api Obor Asian Games 2018 di Candi Prambanan, api tersebut sejak Rabu (18/7) malam berada di Pagelaran Kraton Yogyakarta.
Lalu, pada Kamis (19/7) pagi ini, Obor Asian Games 2018 mulai diarak keliling Kota Yogyakarta melewati sejumlah jalan protokol dan titik strategis, seperti Jalan Malioboro dan Tugu Yogyakarta, untuk kemudian diteruskan menuju ke Solo, Jawa Tengah.
Sekitar pukul 07.00 WIB, start Pawai Obor Asian Games 2018 dimulai. Diawali Tarian Krido Jatiroso yang menggambarkan semangat persatuan dan keberagaman, Api Obor diserahkan oleh Raja Kraton Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X kepada pelari pertama, Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi.
Ribuan siswa sekolah turut memeriahkan Pawai Obor Asian Games 2018 di Alun-alun Utara Kraton Yogyakarta, Kamis (19/8/2018) pagi. -Foto: Jatmika H Kusmargana
Sementara itu, sebelum acara pawai obor itu dimulai, kawasan Pagelaran Kraton dan Alun-Alun Yogyakarta sudah ramai oleh masyarakat. Ribuan anak sekolah berjejer membawa bendera merah putih di sepanjang rute yang akan dilalui.
“Kita, SD Keputran 1, menerjunkan 500 murid untuk memeriahkan Pawai Obor Asian Games ini. Mulai dari siswa kelas satu hingga siswa kelas enam. Jadi untuk pagi ini, sementara kegiatan pembelajaran ditiadakan,” ujar salah seorang Guru SD Keputran 1, Ngatini.
Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.