Menpora Optimis Pencak Silat Raih Juara Umum Asian Games 2018

Editor: Mahadeva WS

404

JAKARTA – Di dalam target sepuluh besar Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, cabang olahraga pencak silat diyakini mampu meraih juara umum. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrowi optimis, cabang olahraga khas Indonesia tersebut mampu meraih tiga medali emas pada pesta olahraga yang diikuti 54 negara tersebut.

“Saya tidak yakin minimal itu terpenuhi, tapi malah akan terlampaui. Apalagi timnas pencak silat menargetkan enam medali emas. Jadi, saya yakin cabang olahraga pencak silat bisa meraih juara umum,” kata Imam saat peninjau Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Kamis (12/7/2018).

Pencak silat merupakan salah satu lumbung Indonesia untuk meraih medali emas. Selain silat, cabang olahraga lain yang diharapkan bisa menjadi lumbung medali adalah, paralayang dan panjat tebing. Diharapkan kedua cabang olahraga tersebut masing-masing menyumbang dua medali emas.

Menpora menjanjikan, bonus untuk peraih medali emas sebanyak Rp1,5 miliar. Adapun bonus lainnya bagi peraih medali emas dan perak adalah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), dihadiahkan rumah, dan diberangkatkan umrah atau haji oleh Kementerian Agama (Kemenag). “Pemerintah sediakan Rp 250 miliar, bonus itu untuk juga untuk atlet Asian Para Games. Kami tidak membedakan atlet normal dengan disabilitas, mereka mendapat bonus yang sama,” jelasnya.

Secara teknis, kebutuhan dana persiapan setiap cabang olahraga bersifat relatif. Pemerintah tentunya tidak bisa memenuhi 100 persen. Namun demikian, guna mendukung persiapan Asian Games 2018, pemerintah telah menyiapkan anggaran sebanyak Rp735 miliar dan telah terdistribusikan ke cabang olahraga.

Menpora didampingi Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Mulyana dan Ketua Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI),  Richard Sambera, serta ratusan blogger mengunjungi pelatnas pencak silat di Padepokan Pencak Silat TMII. “Kami datang ke sini untuk melihat lebih dekat persiapan atlet sebelum tanding resmi. Ini bentuk dukungan kami,” ujarnya.

Kunjungan itu terasa hangat, manakala Menpora dan ratusan blogger mengikuti gerakan silat yang diperagakan para atlet pencak silat. Dia berharap para atlet mampu menampilkan puncak performanya menjelang pesta olahraga terbesar se-Asia Agustus mendatang.

Atlet putri silat, Wewe Wita menyebut, Dirinya akan berlaga di kategori tanding kelas B putri. Menurutnya, antara kategori tanding dan seni mempunyai peluang yang sama untuk meraih medali emas mengharumkan Indonesia. “Target medali emas harus terpenuhi, persiapan saya sudah 95 persen. Insya Allah Asian Games, perfermonce saya 100 persen,” kata Wewe.

Dia mengaku berlatih pencak silat dua hingga tiga kali dalam setiap harinya. Sekali latihan memakan waktu dua jam. Namun demikian menurutnya, hal terpenting adalah persiapan mental harus terus dipupuk sehingga kepercayaan diri pun meningkat. “Mental itu modal utama untuk meraih juara,” tukasnya.

Baca Juga
Lihat juga...