banner lebaran

Mulai 25 Juni, KUD Gemah Ripah Melayani Pencairan BPNT

Editor: Mahadeva WS

201

YOGYAKARTA – Toko Cerdas milik KUD Gemah Ripah, Trirenggo Bantul akan menerima pelayanan penyaluran program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari Kementerian Sosial mulai 25 Juli mendatang. 

Hal itu merupakan bagian dari upaya pengembangan warung binaan Yayasan Damandiri melalui program Desa Mandiri Lestari tersebut menjadi E-Warung atau warung elektronik. E-Warung merupakan agen resmi penyalur BPNT.

Ketua KUD Gemah Ripah H Ambyah saat mengecek operasional Warung Cerdas – Foto: Jatmika H Kusmargana

Ketua KUD Gemah Ripah, H Ambyah mengatakan, pengembangan Warung Cerdas menjadi E-Warung tersebut, menjadi bagian dari upaya pengembangan usaha agar bisa dimanfaatkan seluruh masyarakat sekitar Desa Trirenggo. Dalam hal ini untuk melakukan pencairkan bantuan BPNT. “Kita ingin memberikan layanan kemudahan bagi warga sekitar Trirenggo. Agar mereka bisa lebih dekat dalam mencairkan bantuan pangan non tunai,” katanya.

Untuk mengembangkan warung Cerdas KUD Gemah Ripah, Ambyah KUD Gemah Ripah berharap seluruh pegawai pemerintah di lingkup Desa Trirenggo dapat berbelanja kebutuhan sehari-hari di warung tersebut.  Hal itu menjadi upaya memberikan contoh langsung berbelanja kebutuhan sehari-hari di warung tersebut.  “Untuk memberikan contoh, sejak warung ini buka saya selalu berupaya berbelanja kebutuhan sehari-hari disitu. Total sudah habis Rp8juta,” katanya.

Selain demi kemajuan Warung Cerdas, pengembangan yang dilakukan KUD Gemah Ripah diharapkan dapat menambah banyak pelanggan. Hal itu tentu akan memberikan dampak positif bagi para pegawai kelurahan karena mereka merupakan anggota KUD.  “Dampaknya cukup besar, karena dengan membeli di koperasi, anggota bisa mendapat keuntungan melalui pembagian SHU setiap tahun. Ini juga bisa menghidupkan ekonomi koperasi di Desa Trirenggo,” katanya.

Sejak 30 Mei 2018 lalu, KUD Gemah Ripah Trirenggo Bantul, mendirikan unit usaha baru yang diberi nama Warung Cerdas. Warung Cerdas ini merupakan unit usaha berupa warung grosir yang menyediakan berbagai bahan kebutuhan pokok atau sembako bagi warga masyarakat. Berbagai macam kebutuhan sehari-hari seperti bahan makanan, kebutuhan dapur, perlengkapan mandi, hingga kebutuhan lainnya disediakan warung ini dengan harga murah.

Keberadaan unit usaha KUD Gemah Ripah berupa Warung Cerdas tak lepas dari peran Yayasan Damandiri yang memberikan suntikan dana pinjaman modal senilai Rp250juta. Warung Cerdas KUD Gemah Ripah didirikan di pusat Desa Trirenggo. Tepatnya di kawasan komplek kantor pemerintah desa serta lapangan Desa Trirenggo.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.