Olahraga Sepeda Kian Digemari Masyarakat Lamsel

Editor: Koko Triarko

172
LAMPUNG – Olahraga bersepeda yang mulai digemari masyarakat Lampung Selatan, difasilitasi oleh pemerintah kabupaten setempat, melalui kegiatan Krakatau Fun Bike 2018. Seperti diketahui, olahraga sepeda juga menjadi salah satu cabor yang diandalkan dapat meraih emas di Asian Games 2018.
Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kemasyarakatan Pemkab Lamsel, Erlan Murdianto, menyebut, olahraga bersepeda merupakan olahraga murah meriah, namun menyehatkan. Ia menyebut, kegiatan bersepeda bisa dilakukan setiap hari sebagai pengisi waktu luang untuk menjaga kebugaran.
“Selain sebagai kegiatan olahraga, kegiatan tersebut juga sebagai upaya mengenalkan potensi wisata di Lampung Selatan”, kata Erlan Murdianto, di sela kegiatan Krakatau Fun Bike, Jumat (27/7/2018).
Anton Murdianto (kedua dari kanan) Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kemasyarakatan Pemkab Lamsel [Foto: Henk Widi]
Krakatau Fun Bike menjadi kegiatan olahraga santai dan menyenangkan yang digelar beberapa kali oleh Pemkab Lamsel sejak 2015. Pada Krakatau Fun Bike 2018, Erlan Murdianto menyebut kegiatan tersebut diperuntukkan bagi para penghobi olahraga sepeda.
Kegiatan olahraga penuh manfaat tersebut, kata Erlan Murdianto, juga bisa diikuti oleh keluarga, komunitas sepeda serta masyarakat umum. Pada penyelanggaraan Krakatau Fun Bike 2018, Erlan Murdianto memastikan ada sekitar 1.000 lebih peserta yang dilibatkan, meliputi siswa sekolah, instansi pemerintah, TNI- Polri, dan komunitas sepeda.
Rute dari halaman kantor Pemkab Lamsel-Sukaratu-lokasi wisata kuliner Kalianda, menempuh jarak kurang lebih sepuluh kilometer.
“Kegiatan olahraga bersepeda ini sekaligus upaya menyehatkan masyarakat dan mengajak setiap keluarga, agar menggalakkan kegiatan fisik sesuai dengan Gerakan Masyarakat Sehat,” papar Erlan Murdian.
Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan, Fredy Sukirman, pada pembukaan dan pelepasan Krakatau Fun Bike 2018, menyebut, kegiatan itu akan rutin dilakukan. Olahraga sepeda santai dengan rute seputar Kota Kalianda hingga pantau Dermaga Bom, merupakan kegiatan dalam rangka peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXV Provinsi Lampung, dan Lampung Selatan Fair 2018.
Fredy Sukirman dan sejumlah pejabat Lampung Selatan bahkan ikut menggowes sepeda bersama sekitar seribu orang pada Fun Bike 2018 ini. Melalui kegiatan tersebut, sejumlah elemen yang dilibatkan bisa menjadi pemicu bagi setiap keluarga untuk gemar berolahraga.
Kegiatan ini, menurutnya juga menjadi salah satu upaya memajukan kesejahteraan, dengan menciptakan keluarga yang sehat melalui kegiatan olahraga.
“Harganas tingkat provinsi oleh beberapa kabupaten diisi dengan menggelar kegiatan, salah satunya olahraga, di Lamsel dipilih olahraga sepeda,” terang Fredy Sukirman.
Krakatau Fun Bike 2018 yang diikuti oleh sekitar 1000 peserta tersebut selain diikuti oleh sejumlah instansi pemerintah juga diikuti oleh klub sepeda. Penjagaan di sejumlah titik dilakukan oleh Satpol PP, Dinas Perhubungan dan anggota Satlantas Polres Lamsel.
Pantauan Cendana News, sejumlah klub sepeda, di antaranya sepeda antik, klub sepeda GAK Kalianda, Sidomulyo, dan berbagai komunitas lainnya.
Adi, salah satu peserta dari komunitas sepeda GAK, menyebut, iven kegiatan sepeda semakin banyak digelar di Lampung Selatan. Kegiatan olahraga sepeda saat ini menjadi salah satu kegemaran masyarakat, selain untuk olahraga sekaligus sosialisasi.
Melalui kegiatan olahraga sepeda, ia juga bisa mengajak serta keluarga sekaligus menjadi kegiatan yang menyenangkan. Aktivitas fisik dalam kegiatan bersepeda, bahkan bisa menjadi sarana untuk mempromosikan wisata di Lampung Selatan, salah satunya dengan berkeliling pesisir pantai Kalianda.
Sebelumnya, ia bersama anggota klub sepeda juga terlibat dalam kegiatan olahraga sepeda santai, di antaranya di Lampung Barat dan Lampung Timur. Adi juga mengaku kerap melakukan olahraga sepeda secara pribadi, pada akhir pekan bersama keluarga, atau bersama dengan anggota klub.
Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.