OTT di Jakarta, KPK Amankan Anggota Komisi VII DPR RI

Editor: Mahadeva WS

283
Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan di Gedung KPK Jakarta – Foto Eko Sulestyono

JAKARTA – Petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjaring sembilan orang saat menggelar Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Jakarta, Jumat (13/7/2018). Mereka ditangkap dan diamankan di sejumlah lokasi yang berbeda namun dalam waktu yang hampir bersamaan.

Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan menyebut, ada satu oknum Anggota DPR RI bersinial E yang ikut terjaring dalam operasi tersebut. “Penangkapan terhadap yang bersangkutan (E) diduga berkaitan dengan tugas dan fungsinya sebagai Anggota Komisi VII. Dalam OTT tersebut turut diamankan barang bukti berupa uang tunai Rp500 juta yang diduga sebagai suap atau gratifikasi,” kata Basaria, Jumat (13/7/2018).

Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan menjelaskan, delapan orang lain yang berhasil diamankan masing-masing dari unsur staf ahli anggota dewan, sopir, ajudan dan pihak swasta.

Pantauan Cendana News langsung dari Gedung KPK Merah Putih, yang bersangkutan sudah dibawa ke Gedung KPK Jakarta untuk menjalani pemeriksaan. Febri Diansyah menyebut, penyidik KPK masih menggali informasi apa sebenarnya motif dan tujuan pemberian sejumlah uang suap. “KPK masih punya waktu 1 X 24 jam untuk menentukan status hukum yang bersangkutan, siapa dijadikan tersangka dan siapa yang hanya saksi, selanjutnya tunggu keterangan pers resmi Sabtu (14/7/2018) besok di Gedung KPK Jakarta,” pungkas Febri Diansyah.

Baca Juga
Lihat juga...