PAI: Peluang Ekonomi Anggrek Merapi Cukup Tinggi

209
Ilustrasi

SLEMAN — Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menilai budi daya anggrek terutama jenis Vanda Tri Color, yang merupakan tanaman khas lereng Gunung Merapi, dapat mendatangkan keuntungan cukup tinggi.

“Banyak peluang ekonomi yang dapat dipetik dari budi daya tanaman anggrek, jadi bukan hanya sekadar hobi tetapi bisa mendatangkan penghasilan tambahan yang lumayan jika ditekuni,” kata Ketua PAI DIY Endang Semiarti di Sleman, Senin (2/7/2018).

Menurut dia, saat ini penggemar anggrek di Indonesia cukup banyak, sehingga peluang untuk berbisnis tanaman anggrek ini juga memiliki prospek yang bagus.

“Melalui pengembangbiakan tanaman anggrek ini juga dapat mendatangkan nilai ekonomis, mulai dari benih sampai dengan tanaman yang siap berbunga semua laku dijual dengan harga yang tinggi,” katanya.

Ia mengatakan, jenis anggrek Vanda Tri Color Merapi, selama ini dikenal sebagai indukan anggrek yang sangat bagus untuk dikembangkan dan disilangkan dengan anggrek jenis lain.

“Anggrek Vanda Tri Color dapat menjadi induk untuk dikawinkan dengan anggrek yang lain dan hasilnya cukup bagus dan cantik,” katanya.

Endang juga mengatakan, saat ini populasi anggrek Vanda Tri Color memang sedang turun drastis dan terancam punah, sehingga ada kebijakan melarang menjualbelikan maupun ekspor anggrek Vanda Tri Color.

“Namun untuk anggrek hasil kawin silang Vanda Tri Color dengan jenis lain masih boleh untuk diperjualbelikan, dan ini yang dapat ditangkap sebagai peluang ekonomisnya,” katanya.

Ia mencontohkan, ada empat segmen peluang ekonomi, yakni benih yang masih biji, tunas biji, tanaman muda, dan tanaman anggrek yang siap berbunga atau sudah berbunga.

“Satu botol isi 100 biji anggrek Vanda Tri Color sudah laku hingga Rp50 ribu per botolnya, kemudian bibit anggrek yang masih kecil-kecil sudah laku Rp15 ribu per tanaman, kemudian kalau sudah tumbuh agak besar harga bisa mencapai Rp50 ribu, sedangkan yang siap berbunga atau yang sudah berbunga harganya bisa mencapai ratusan ribu,” katanya.

Ia mengatakan, PAI DIY siap untuk memberikan pelatihan maupun pendampingan bagi masyarakat yang berminat mengembangkan atau budi daya anggrek Vanda Tri Color.

“Pelatihan akan kami berikan, baik itu budi daya secara tradisional atau konvensional dengan media tanam tanah, maupun budi daya secara hidroponik yang saat ini sedang tren,” katanya. [Ant]

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.