Pariwisata Indonesia Terdongkrak Obor Asian Games

Editor: Satmoko Budi Santoso

227

BADUNG – Usai melalui beberapa Kabupaten di Bali barat tepatnya di Kabupaten Jembrana dan Tabanan, Torch Relay atau Kirab Obor Api Asian Games 2018 akhirnya tiba di Pantai Kuta pada pukul 16.00 Wita.

Obor Api Asian tersebut adanya sampai di Pantai Kuta dipegang langsung oleh Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani sebelum akhirnya diserahkan kepada peselancar profesional Hamish Daud untuk dilakukan selebrasi di laut selama kurang lebih 15 menit lamanya.

Usai dibawa dengan menggunakan surfing, Api Obor tersebut diserahkan secara estafet kepada Gubernur Bali, Made Mangku Pastika, dan dilanjutkan dengan membakar Obor Api tersebut di Mini kaldron secara simbolis, bersama-sama.

Obor Api Asian Games 2018 saat dibawa oleh peselancar profesional Hamish Daud untuk di arak di Pantai Kuta menggunakan papan selancar.- Foto: Sultan Anshori.

Gubernur Bali, Made Mangku Pastika, menyambut sekaligus mengapresiasi atas dipercayakannya obor api Asian Games 2018 dilakukan salah satunya di Bali. Dengan serangkaian kegiatan Torch relay ini bisa memberikan motivasi bagi untuk memajukan olahraga agar berprestasi dan untuk memberikan sumbangan terbaik bagi bangsa dan negara.

“Api persaudaraan api olahraga dan api perdamaianlah yang hadir di tengah-tengah kita untuk memberikan semangat dan motivasi agar berprestasi. Untuk hidup bersama dalam kebersamaan dan persaudaraan sehingga Indonesia ke depan dan Bali ke depan akan mencapai Bali yang maju, aman, damai dan sejahtera.

Mudah-mudahan Indonesia raya berkumandang terus di dalam pertandingan-pertandingan seperti apa yang sudah kita nyanyikan di awal pertemuan ini,” ucap Pastika, saat memberikan sambutan saat acara penerimaan Obor Api Asian Games 2018, Senin (23/7/2018), sore.

Pastika meyakini semua akan sangat berbangga apabila atlet kita dapat bersuara di medan juang di medan Asian Games 2018.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat datang di Bali, mudahan-mudahan, ini bisa membawa api semangat bagi kita semua untuk maju ke depan. Meraih kejayaan bangsa dan negara republik Indonesia,” kata Gubernur yang menjabat selama dua periode ini.

Sementara itu, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mengatakan, kegiatan ini merupakan serangkaian kegiatan dalam rangka sosialisasi api Asian Games menuju pembukaan Asian Games yang direncanakan dibuka pada tanggal 18 Agustus 2018 di Ibu Kota Negara Jakarta.

Menurutnya, tidak hanya semata melakukan Torch relay secara simbolis, melainkan di setiap tempat yang disinggahi oleh obor ini bisa sekaligus mempromosikan daerah tersebut, baik pariwisata serta aktivitas UMKM di dalamnya.

“Tentu saja kami harapkan gaung ini nanti akan didengar oleh 45 negara yang akan hadir pada pelaksanaan Asian Games pada 18 Agustus 2018 yang akan datang. Bali merupakan salah satu destinasi wisata yang paling besar di seluruh Indonesia. Saya harapkan akan menjadi tempat yang menjadi kunjungan pariwisata bagi semua kontingen atau pun official yang datang pada Asian Games,” kata Menteri Puan.

Menteri yang juga sekaligus anak dari Presiden kelima Indonesia Megawati Soekarnoputri ini menyebutkan, saat ini sudah terdaftar 16 ribu orang akan datang ke Jakarta dan Palembang untuk ikut dalam Asian Games. Itu di luar yang lain-lain. Setelah itu, tentu saja kami harapkan mereka akan datang bukan hanya ke Bali.

Namun juga sebelum dari Bali ke Banyuwangi. Kemarin juga api tours itu sendiri sudah ke Blitar dan ke Malang. Nanti juga akan muter lagi sampai akhirnya tiba di Jakarta pada 17 Agustus kemudian pada 18 Agustus akan dipasang di Gelora Bung Karno.

“Pada kesempatan ini juga perlu saya sampaikan bahwa Asian Games ke 18 ini merupakan Asian Games kedua. Indonesia menjadi tuan rumah pertama kali pada 1962. Event Asian Games  menghidupkan semangat Bung Karno hingga saat ini. Jadi, setelah sekian lama menunggu, kita kembali lagi menjadi tuan rumah. Ini adalah event bangsa Indonesia kedua setelah olimpiade yang merupakan ajang olahraga yang harus disukseskan oleh masyarakat Indonesia,” kata Puan lagi.

Seremonial penyambutan Obor Api Asian Games ini mendapat respon positif dari ribuan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara yang sedang berlibur di Pantai Kuta.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, selama di Bali Torch relay atau Kirab Obor Api Asian Games 2018  mengunjungi beberapa kawasan objek wisata di Bali seperti Pantai Kuta Badung, Tanah Lot Tabanan, Tampak Siring Gianyar, Kota Denpasar serta objek wisata GWK yang terletak di kawasan Kuta Selatan, Badung Bali.

Pada tanggal 25 pagi, Obor Api Asian Games tersebut akan diterbangkan menggunakan pesawat untuk menuju ke Mataram, NTB.

Baca Juga
Lihat juga...