Pasangan Roma Menangi Pilkada Kabupaten Sikka

Editor: Mahadeva WS

435

MAUMERE – Rapat pleno terbuka repitulasi perolehan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sikka oleh KPUD Kabupaten Sikka di Aula Karmel Maumere berakhir Jumat (6/7/2018) pukul 05.00 WITA. Hasil perhitungan yang dilakukan, pasangan Fransiskus Roberto Diogo dan Romanus Woga dari paket Roma memenangi Pilkada 2018 Sikka.

“Dari hasil rapat pleno yang dituangkan dalam berita acara yang dibacakan dan ditandatangani oleh ketua KPU dan anggota serta para saksi dari ketiga Pasangan Calon (Paslon), paket Roma berada pada posisi pertama dengan meraup suara 63.039 suara,” sebut juru bicara KPU Sikka Fery Soge, Jumat (6/7/2018).

Rapat pleno rekapitulasi perolehan suara dalam Pilkada Sikka tahun 2018 di aula Karmel Maumere. Foto : Ebed de Rosary

Pasangan Alexander Longginus dan Stefanus Say dari paket Alex Stef, berada pada posisi kedua dengan memperoleh suara 49.690 suara. Sedangkan untuk pasangan Ansar-Raga yang mengusung Yoseph Ansqar Rera dan Rafael Raga berada di posisi ketiga dengan perolehan suara 44.467 suara.

Ketua KPU Sikka Vinsensius Vivano Bogar menyebut, proses pelaksanaan Pilkada Kabupaten Sikka berjalan dengan baik dan lancar. Prosesnya berjalan dengan damai dan rasa persaudaraan antara sesama pasangan calon maupun antara tim sukses dan pendukung dari ketiga pasangan calon.

“Kami sangat bersyukur dan  berterima kasih karena proses ini dapat dijalankan sesuai aturan dan diterima oleh semua pihak. Semua saksi pasangan calon pun menerima hasil Pilkada ini dengan menandatangani berita acara rapat pleno rekapitulasi peroleh suara pemilihan bupati dan wakil bupati Sikka,” ujarnya.

Setelah penetapan hasil, KPUD Sikka akan berkoordinasi dengan KPU NTT dan KPU Pusat dalam rangka penetapan pasangan calon terpilih. Bila tidak ada pihak yang mengajukan gugatan ke Makamah Konstitusi maka KPU Sikka akan menggelar rapat pleno penetapan.

“Semua KPU kabupaten dan kota termasuk KPU Sikka akan mendapatkan keterangan dari Makamah Konstituasi (MK) untuk mengetahui adanya tidaknya Perselisihan Hasil Pemilu (PHP). Jika tidak maka selanjutnya kita akan melakukan penetapan, dan kemudian kita serahkan kepada pemerintah untuk proses pelantikan,” sebutnya.

Sementara itu calon bupati Sikka dari paket Alex-Stef, Drs. Alexander Longginus dalam konferensi pers di kantor PPC PDIP Jumat (6/7/2018) sore mengatakan, perhitungan suara Pilkada Sikka sudah selesai Jumat (6/7/2018) pagi dan perhelatan Pilkada dimenangi paket Roma.

“Kami berterima kasih kepada semua penyelenggara Pilkada baik dari KPU hingga ke PPS yang telah bekerja keras menyelenggarkan Pilkada sehingga telah berjalan sukses. Kami juga berterima aksih kepada Kapolres Sikka, Dandim 1603 Sikka serta Danlanal Maumere yang telah menjalankan tugas menjaga keamanan sehingga Pilkada berjalan aman dan lancar,” ungkapnya.

Alex juga mengucapkan terima kasih kepada segenap masyarakat kabupaten Sikka yang telah memberikan suaranya dan telah memilih orang yang tepat yakni saat ini Robertus Diogo dan Roamnus Woga yang telah keluar sebagai pemenang Pilkada Sikka. Sebagai calon bupati dan Ketua DPC PDIP Sikka Alex mengucapkan, selamat kepada kedua figur terpilih ini.

“Ke depannya kita berharap agar kedua figur yang telah terpilih ini dengan segudang pengalamannya bisa menyelenggarakan pembangunan dan pembinaan kepada masyarakat di kabupaten Sikka. Kami mendukung paket Roma yang telah dipilih rakyat dan mudah-mudahan rakyat akan mendapatkan pelayanan yang terbaik dalam 5 tahun ke depan,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...