Pasokan Berkurang, Harga Telur Ayam Melambung

Editor: Satmoko Budi Santoso

204
Kepala KPD Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Balikpapan, Abdul Hakim Pasaribu pantau langsung ke peternak ayam - Foto: Ferry Cahyanti

BALIKPAPAN – Masih tingginya harga telur ayam pada sejumlah pasar tradisional di Balikpapan disebabkan kurangnya pasokan. Pasalnya, hingga kini harga telur ayam negeri per butir mencapai Rp2.200 dan kondisi tersebut meresahkan masyarakat.

Kepala KPD Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Balikpapan, Abdul Hakim Pasaribu menjelaskan dengan masih tingginya harga telur ayam tersebut pihak KPPU terus melakukan penelusuran untuk mencari sebab kenaikan harga tersebut. Kondisi kenaikan harga telur ayam terjadi merata di wilayah Kalimantan Timur.

“Kami cermati dan lakukan pengawasan guna mencegah tindakan persaingan usaha tidak sehat,” katanya, Selasa (31/7/2018).

Tidak hanya mencermati langsung ke pasar tradisional maupun ke peternak, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan Balai Karantina Kelas 1 Balikpapan untuk membahas pasokan telur yang masuk ke Balikpapan.

“Apabila dicermati, turunnya pasokan yang masuk rata-rata 13 persen dari jumlah telur yang masuk per bulan,” ungkapnya.

Berdasarkan data yang diterima KPPU dari Balai Karantina terungkap pasokan telur pada Januari sampai Juni 2018 sebanyak 4,620,517 kilogram. Angka tersebut jika dirata-ratakan per bulan menjadi 770.086 kilogram.

Sedangkan pada Juli ini, telur ayam negeri yang dipasok dari Jawa Timur mencapai 622.000 kilogram atau 622 ton. Jumlah pasokan itu menurun setiap minggu yakni pada minggu pertama 224.000 kilogram, minggu kedua 105.000 kilogram.

Dengan kondisi tersebut, Hakim menilai, KPPU masih perlu melakukan kajian lebih lanjut tentang perubahan kondisi pasar telur ayam negeri di Balikpapan. “Kami juga meningkatkan koordinasi dan sinergi dengan instansi terkait agar perekonomian di kota ini menjadi baik,” imbuh Abdul Hakim Pasaribu.

Untuk diketahui, harga telur ayam per butir untuk ukuran kecil Rp1900, dari sebelumnya yang hanya Rp1.700 per butir dan ukuran besar Rp2.200 per butir.

Baca Juga
Lihat juga...