banner lebaran

Pasokan Kurang, Harga Telur di Balikpapan Masih Tinggi

Editor: Mahadeva WS

160

BALIKPAPAN – Sejak Ramadan hingga kini, harga telur ayam di Balikpapan masih cukup tinggi. Dari pemantauan yang dilakukan, harganya mengalami kenaikan yang signifikan dan bertahan diharga Rp1.700 hingga Rp1.900 perbutir.

Pada kondisi normal, harga telur berkisar di angka Rp1.500 hingga Rp1.700 perbutir. Kondisi tersebut, disebabkan kurangnya pasokan dan tingginya permintaan telur. Faktor lain yang diduga mempengaruhi naiknya harga telur dikandang adalah kenaikan harga pakan ternak.

Komponen pakan merupakan komponen biaya terbesar dari peternakan ayam petelur. Bahkan bisa mencapai 35% dari total biaya produksi. Dengan melemahnya kurs rupiah terhadap dolar, bahan baku pakan ternak masih impor dan menyebabkan kenaikan harga pakan.

“Dari hasil diskusi dan pemantauan langsung ke kandang ayam petelur diperoleh informasi yang menjadi penyebab tingginya harga telur ayam di Kota Balikpapan, adalah kurangnya pasokan telur ayam,” ungkap  Kepala Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) Balikpapan Abdul Hakim, disela melakukan pemantauan ke peternak ayam petelur, Kamis (12/7/2018).

Beberapa kondisi yang menyebabkan kurangnya pasokan telur dari daerah asal adalah imbas dari kebijakan pelarangan AGP (Antibiotic Growth Promoters) dan Ractopamine. Hal itu mengakibatkan produktivitas pullet (ayam betina remaja atau bakalan) terhambat.

Peternak telah mencoba untuk melakukan mencampur pakan mandiri untuk menggantikan fungsi AGP, namun belum berhasil. Faktor lain yang diduga mempengaruhi naiknya harga telur adalah kenaikan harga pakan ternak.

Dengan kondisi tersebut, KPPU akan tetap melakukan pengawasan pelaku usaha. Termasuk mengumpulkan data dan informasi benar tidaknya terjadi penurunan pasokan dari sentra. “KPPU tetap bersinergi dengan pemerintah daerah, Kantor Perwakilan BI (pengendali inflasi) dan Satgas Pangan untuk melakukan pengawasan sesuai dengan tugas dan wewenang masing-masing,” tambahnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.