Pedagang Keluhkan Tingginya Harga Daging Ayam Potong

Editor: Koko Triarko

188
BALIKPAPAN — Tingginya harga daging ayam potong yang kini masih terjadi di Kota Balikpapan, dikeluhkan sejumlah pedagang sayur keliling dan sayur matang.
Pasalnya, hingga kini harga ayam potong mencapai Rp70 ribu per ekor untuk ukuran besar, dari sebelumnya Rp55 ribu. Sedangkan ukuran kecil, kini Rp50 ribu dari sebelumnya, Rp40 ribu.
Tingginya harga daging ayam potong itu membuat sejumlah pedagang sayur keliling tak menyediakan persediaan untuk dijual ke masyarakat. Bahkan, pedagang sayur makanan jadi, seperti nasi kuning, juga tak menyediakan lauk daging ayam sebagai pelengkap.
“Sudah satu minggu saya tak jual daging ayam, karena harganya naik. Modalnya tinggi, jadi tak ambil untuk dijual lagi ke pelanggan,” kata Pedagang Sayur Keliling, Roni, di sela aktivitasnya melayani ibu-ibu yang membeli sayuran, Rabu (25/7/2018).
Ketika ditanya kapan akan menyediakan daging ayam, dia mengaku belum mengetahui, karena bila harga masih tinggi, yang akan disediakan hanya ikan dan sayuran lainnya.
“Modal kami kecil, nanti kita beli ayam tak ada yang beli juga rugi. Lebih baik tak sediakan, biar pelanggan beli ke pasar saja. Saya jual sayur yang ada yang masih terjangkau,” imbuh Roni, yang telah lama berjualan sayur keliling menggunakan kendaraan mobilnya.
Tak disediakannya daging ayam oleh pedagang sayur keliling ini juga dikeluhkan pedagang kuliner. Seperti pedagang nasi kuning, Irma. Ia sehari-hari berjualan nasi kuning dan lontong sayur sebagai menu sarapan pagi.
“Biasanya lauk yang disediakan ada daging ayam, ikan, sapi dan telur. Tapi karena daging ayam harganya minta ampun, jadi saya tidak berani beli, lebih baik lauk yang lain saja,” keluhnya.
Irma menyebutkan, informasi yang diperolehnya daging ayam akan turun setelah lebaran haji dan kemungkinan akan menjual lauk daging ayam setelah harga ayam potong turun.
“Harapannya pembeli juga memakluminya, karena kami berjualan sesuai dengan modal yang diperoleh sehari-hari,” tandas Irma.
Baca Juga
Lihat juga...