PEKKA Hulu Sungai Utara Cetak Ribuan UMKM

320

AMUNTAI – Kelompok Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) Kecamatan Sungai Pandan, Kecamatan Alabio, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, mencetak dan menggerakkan ribuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerahnya.

Bendahara Sarikat Perluasan Wilayah dan Perlindungan Sekolah PEKKA Noer Jannah mengatakan, kini PEKKA Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) sudah memiliki aset permodalan Rp4,4 miliar. Aset berupa permodalan simpan pinjam di koperasi, yang dimiliki PEKKA sangat membantu anggotanya mendapatkan modal usaha.

Kegiatan tersebut membantu meningkatkan pendapatan dan taraf hidup perekonomian anggotanya. “Bagi anggota baru, kita berikan pinjaman untuk modal usaha Rp250 ribu serta pendampingan dan penyuluhan, sehingga berhasil dalam usahanya,” katanya, Jumat (13/7/2018).

Jannah mengatakan, setiap anggota hanya menyetor simpanan ke Koperasi sebesar Rp2.000 per bulan. Namun karena jumlah anggota PEKKA saat ini sudah mencapai 1.202 orang, yang terbagi dalam 53 kelompok dengan berbagai ragam usaha. Jumlah dana simpan pinjam di koperasi juga terus bertambah.

Koperasi milik PEKKA HSU ada dua unit, Koperasi di Sungai Pandan dengan nilai aset Rp4,4 miliar dan Koperasi Saraba Kawa di Kecamatan Amuntai Tengah dengan aset Rp408 juta. Di koperasi yang ada di Sungai Pandan, jumlah simpanan anggota di Koperasi berjumlah Rp2,1 miliar, sedangkan dana simpanan yang digulirkan kepada anggota senilai Rp2,3 miliar.

Sehingga total aset yang dimiliki PEKKA di Koperasi simpan pinjam mencapai Rp4,4 miliar. Koperasi di Sungai Pandan ini, telah berdiri sejak 2013. Bergeral sebagai lembaga keuangan untuk membantu permodalan bagi anggota agar bisa memiliki usaha.

Jannah mengaku aktif mengajak kaum perempuan khususnya para janda, untuk masuk menjadi anggota PEKKA. Hal itu agar para perempuan tersebut bisa mandiri dan berkarya sebagaimana anggota PEKKA lainnya yang telah sukses. Kendati demikian, pengurus PEKKA sama sekali tidak mendapat insentif dari kegiatan mengajak, membina dan melakukan kegiatan sosialisasi kepada anggotanya.

PEKKA HSU akan semakin melebarkan sayap dengan rencana membentuk PEKKA di Kabupaten Balangan. PEKKA di Kabupaten HSU semuka di 2011 hanya berada di Kecamatan Sungai Pandan, kini menyebar di empat kecamatan lainnya di Kabupaten HSU yakni Kecamatan Amuntai Selatan, Amuntai Tengah, Amuntai Utara dan Haur Gading. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...