banner lebaran

Pelajar Muntok Bersihkan Pantai Baturakit

300
Ilustrasi - Sampah di pantai. Dok CDN

MUNTOK – Puluhan pelajar perwakilan sejumlah sekolah di Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung bergotong royong membersihkan kawasan Pantai Baturakit.

Hal tersebut menjadi bagian dari keinginan agar kawasan pantai tersebut semakin lestari. “Pelibatan pelajar dalam bersih pantai itu merupakan upaya pemerintah dalam mengajak masyarakat agar terus menerus berperan aktif dalam mewujudkan kelestarian pantai dan laut,” kata Staf Ahli Bupati Bangka Barat Bidang Kemasyarakatan dan SDM Iduwan, Kamis (12/7/2018).

Kegiatan bersih pantai dalam gerakan Pantai dan Laut Lestari tersebut, diharapkan mampu memberikan pemahaman dan penyadaran tentang bahaya pencemaran pantai dan laut. Terutama bahaya bagi kelangsungan ekosistem yang ada di dalamnya maupun bagi kehidupan manusia.

Kebersihan pantai dan laut harus dijaga dengan mendorong masyarakat untuk berperan serta dalam pengendalian pencemaran. Diantaranya dengan memilah sampah organik dan sampah nonorganik. “Dalam kegiatan itu, kami tidak hanya melibatkan pelajar, namun juga unsur masyarakat lain, pasukan kuning dan perwakilan sejumlah instansi pemerintah dan swasta agar upaya pelestarian semakin dipahami dan dilakukan oleh semua lini,” jelasnya.

Iduwan menambahkan, kegiatan tersebut salah satu upaya komitmen pemerintah bersama masyarakat dalam menumbuhkembangkan kesadaran menjaga dan melestarikan lingkungan pantai dan laut. “Kami mengajak peran aktif masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan pantai dan laut yang terjaga kelestariannya, usaha ini tidak akan terwujud tanpa adanya dukungan dari masyarakat sekitar, pemerintah dan para pelaku usaha,” ujarnya.

Selain membersihkan pantai, kegiatan yang digelar sehari tersebut juga dilakukan penanaman pohon jenis ketapang kencana di kawasan Pantai Baturakit yang selama ini menjadi lokasi wisata andalan di Muntok. (Ant)

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.