Peluang Budi Daya Ikan Hias di Bojonegoro, Menjanjikan

199
Ikan hias, ilustrasi -Dok: CDN
BANJARNEGARA – Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Banjarnegara, Totok Setya Winarno, mendorong budi daya ikan hias, mengingat besarnya potensi di wilayah setempat.
“Budi daya ikan hias di Banjarnegara masih menjanjikan, contohnya budi daya ikan koi,” katanya, di Banjarnegara, Rabu (18/7/2018).
Dia menjelaskan, harga ikan koi cenderung stabil bila dibandingkan dengan ikan hias lainnya, bahkan setiap tahun meningkat.
“Pada saat ini, terdapat sentra pembudidaya ikan koi di Wilayah Kecamatan Bawang, Rakit, Purwanegara dan Kalibening. Bibit ikan koi kebanyakan didatangkan dari Jawa Barat dan Jawa Timur,” katanya.
Selain pasar lokal, tambah dia, saat ini pemasaran ikan koi merambah ke kota-kota lainnya, yakni kabupaten tetangga hingga ke Jawa Timur.
Dia menambahkan, sumber daya alam di Banjarnegara, khususnya ketersediaan air yang melimpah mendukung untuk pembudidayaan ikan hias.
Budi daya ikan hias, tambah dia, diharapkan bisa memberikan kontribusi pada peningkatan perekonomian di wilayah setempat.
“Dengan demikian, diharapkan dapat berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat di Banjarnegara,” katanya.
Kendati demikian, pihaknya terus mendorong pelaku usaha ikan hias melakukan budi daya dengan tetap menerapkan prinsip berkelanjutan.
Dia juga mengatakan, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, terus melakukan pendampingan terhadap pelaku budi daya ikan di wilayah setempat. (Ant)
Baca Juga
Lihat juga...