Pembangunan Jalan Baru Diharapkan Permudah Petani Angkut Hasil Pertanian

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

229

LOMBOK — Pembangunan jalan baru usaha tani, yang menghubungkan Desa Sukaraja dengan Desa Batu Putik dan Desa Sukadamai, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat diharapkan dapat memudahkan petani mengangkut hasil pertanian.

Harapan tersebut disampaikan Dandim 1615/Lotim Letkol Inf Agus Setiandar ketika meninjau proses pembangunan jalan usaha tani oleh gabungan aparat TNI bersama masyarakat melalui program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD), Senin (16/7/2018).

“Kalau jalan sudah ada, maka petani akan bisa lebih mudah mengangkut hasil pertanian dan dari sisi biaya akan bisa dikurangi, sehingga secara langsung akan berdampak pada prekonomian masyarakat,” Agus.

Dikatakan, meski pembangunan jalan baru usaha pertanian sepanjang 1.500 meter dengan lebar lima meter, dengan kekompakan dan semangat gotong royong antara personel TNI dengan masyarakat, akan cepat bisa diselesaikan.

Untuk lebih mempermudah proses pembangunan jalan baru usaha pertanian, pihaknya juga mengerahkan beberapa alat berat, berupa bulldozer, backhoe dan beberapa unit mobil truk pengangkut tanah.

Agus berharap kegiatan TMMD kali ini dapat berjalan dengan aman dan lancar, dan juga mengingatkan kepada anggotanya untuk hindari pelanggaran sekecil apapun sehingga hubungan silaturrahmi tetap terjalin dengan baik.

Dandim 1615/Lotim Letkol Inf Agus Setiandar (tengah) ikut membantu proses membantu pembangunan jalan baru usaha pertanian Lombok Timur. Foto : Turmuzi

Kades Sukadamai Hilman Nulhakim menyatakan, permintaannya kepada Dan SSK TMMD supaya pembuatan jalan usaha tani sepanjang 150 meter sesuai harapan dan masyarakat juga siap mengeluarkan dana dengan swadaya supaya pembangunan jalan bisa lebih bagus.

Dana tersebut nantinya akan digunakan untuk kebutuhan pembuatan jalan hingga selesai, asalkan personel TMMD membantu dengan tenaga dan alat peralatan yang ada .

“Program pembukaan dan pembangunan jalan baru usaha pertanian sudah lama didambakan masyarakat, karena itulah program TMMD sangat membantu, sehingga petani nantinya tidak lagi perlu susah mengeluarkan banyak tenaga dan biaya untuk mengganggu hasil pertanian musim panen nantinya,” katanya.

Baca Juga
Lihat juga...