Pembukaan Prodi Jurusan Dijanjikan Lebih Cepat

Editor: Satmoko Budi Santoso

188
Kepala LLDIKTI Wilayah XI Prof Idianoor Wahyuddin - Foto Arief Rahman

BANJARMASIN – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI optimis, perubahan nama lembaga dan penambahan beberapa kewenangan baru yang diamanahkan oleh Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek dan Dikti) mampu memberikan kemudahan pelayanan bagi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Banua.

Salah satunya, ungkap Kepala LLDIKTI Wilayah XI, Prof Idianoor Mahyuddin, adalah terkait kemudahan dalam perizinan pengajuan prodi baru oleh Perguruan Tinggi Swasta dan Negeri.

“Sekarang untuk pengajuan prodi baru tidak perlu lagi ke Kemenristek Dikti, karena kewenangannya sudah dialihkan ke LLDIKTI. Karena sudah ke LLDIKTI maka kami optimis prosesnya bisa jauh lebih cepat,” ungkapnya, Senin (30/7/2018), di sela kegiatan Sosialisasi Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (SISTER) Perguruan Tinggi Swasta Kalsel-Teng di Hotel Golden Tulip, Banjarmasin.

Selama ini, karena pengajuannya ke Kemenristek DIKTI, membuat pengajuannya cenderung lama bahkan sampai bertahun-tahun. Namun, setelah kini diambil alih oleh LLDIKTI secara otomatis waktu pengurusan perizinan prodi baru bisa dipangkas.

Di Kalsel sendiri kurang lebih ada 800 prodi dari 46 Perguruan Tinggi baik swasta maupun negeri. Tiap tahunnya penambahan prodi terus dilakukan PTN dan PTS untuk menyesuaikan kebutuhan pasar.

“Ke depan akan lebih banyak lagi pengurusan perizinan PTS dan PTN yang dialihkan secara bertahap ke LLDIKTI. Kami berharap ini bisa membuat akselerasi pengembangan PTN dan PTS di Banua bisa lebih baik,” harapnya.

Sementara itu, terkait program SISTER, dirinya berharap sudah bisa mulai diterapkan oleh PTS seluruhnya di Kalsel paling lambat pada akhir tahun 2018 mendatang.

Program SISTER sendiri diharapkan bisa lebih merapikan pendataan data-data dosen agar tidak tumpang tindih karena sudah menggunakan sistem online.

“Kami harapkan dengan hadirnya program SISTER, bisa memudahkan PTS dan PTN untuk mencari data-data dosen mereka secara lengkap untuk berbagai keperluan. Salah satunya untuk tunjangan hingga peningkatan karir,” tukasnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.