Pemprov DKI Siapkan 1.500 Bus di Asian Games 2018

Editor: Koko Triarko

201
Gubenur DKI Jakarta, Anies Baswedan, –Foto: Lina Fitria
JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI, akan memyediakan 1.500 Bus TransJakarta, untuk mendukung penyelenggaraan Asian Games 2018. Armada tersebut diperuntukkan bagi para atlet dan warga yang hendak menyaksikan perhelatan lima tahun sekali tersebut.
“Karena di tempat-tempat itu tidak dimungkinkan untuk parkir, karena itu kita meminta kepada warga yang datang menonton menggunakan kendaraan umum,” kata Gubernur DKI, Anies Baswedan, di Kantor BPK DKI, Jakarta Selatan, Selasa (10/7/2018).
Dia menjelaskan, nantinya pihak PT Transjakarta akan menyediakan kendaraan sebagai penghubung di beberapa titik lokasi. Anies menginginkan masyarakat dapat meminimalisir penggunaan kendaraan pribadi ke lokasi. Lanjut dia, untuk rute menuju venue Asian Games tersebut melalui jalur tol.
“Utamanya menggunakan jalur tol, dan selama jalur tol itu tidak ada gangguan Insyaallah akan bisa berjalan sesuai rencana,” papar dia.
Sementara itu, Anies mengatakan untuk informasi mengenai penggunaan kendaraan penghubung akan diumumkan kepada masyarakat menggunakan media sosial.
“Titik-titik untuk shuttle keberangkatan ke venue dan nanti diumumkan lewat media. Sosmed seperti juga kita kemarin mengumumkan kebijakan ganjil genap. Jadi, nanti Tj yang akan menyiapkan itu semua,” jelasnya.
Ada tiga venue cabang olah raga yang tidak bisa ditempuh dalam 34 menit dari Wisma Atlet, Kemayoran. Ketiga venue itu adalah cabang olah raga golf di Pondok Indah, Pecak Silat di Cibubur, dan Padepokan Pencak Silat di Taman Mini Indonesia Indah.
Faktor penyebab hal ini, kata Anies, adalah jarak ketiga venue tersebut dari Wisma Atlet yang memang jauh. Dari simulasi yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta, kata dia, antara Wisma Atlet ke Pondok Indah sejauh 42 km, ke TMII sejauh 29 km, dan ke Cibubur sejauh 35 km.
“Dengan kecepatan yang aman tidak mungkin bisa dijangkau dalam waktu seperti itu,” kata Anies, di JIEP Pulogadung, Senin (9/7).
Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.