Pemprov DKI Tambah Armada Bus TransJakarta 416 Unit

Editor: Koko Triarko

224
JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI, akan menambah armada Bus TransJakarta jenis Volvo sebanyak 116 unit dan Scania 300 unit buatan Swedia, guna mendukung kelancaran perhelatan Asian Games 2018. 
“Kami akan mengoperasikan 116 bus Volvo yang mudah-mudahan bisa menambah armada dan meningkatkan jumlah ridership di Transjakarta. Sekarang kita sudah mencapai 580.000 penumpang per hari. Kita akan tingkatkan menjadi 600.000 penumpang. Mungkin pekan depan (diturunkan), karena sudah masuk sekolah,” kata Wakil Gubetnur DKI, Sandiaga Uno, di Balai Kota, Jumat (13/7/2018).
Menurut Sandi, pengadaan ratusan bus TransJakarta itu demi menunjang kelancaran Asian Games. Dia berharap, bisa menjadi transportasi yang mendukung untuk para atlet menuju venue dan warga yang ingin menyaksikan pertandingan.
“Busnya tadi kita coba enam silinder, sangat mulus, dan mudah-mudahan juga kita akan dapat kualitas yang bagus dari bus Volvo ini,” ujarnya.
Sandi juga berharap, penambahan armada bus Transjakarta sekaligus dapat meningkatkan partisipasi masyarakat di program OK OTrip.
“OK OTrip sekarang masuk ke dalam tahap finalisasi. Kami ingin tingkatkan jumlah dari para operator yang terlibat. Pak Gubernur sudah menetapkan bulan ini sebagai bulan yang sangat strategis untuk kepastian meningkatkan ridership kita ke satu juta akhir tahun ini,” kata Sandi.
Sementara itu, Direktur Utama PT. Transjakarta, Budi Kaliwono, menjelaskan, pihaknya secara khusus diberi amanat dari Pemprov DKI untuk menyediakan Bus Transjakarta untuk melayani warga dan atlet saat Asian Games.
“Jadi, pengerahan bus-bus ini memang untuk operasional TransJakarta masa depan. Tapi, kami sesuaikan jadwal kedatangannya sesuai dengan pelaksanaan Asian Games. Supaya pada saat tamu-tamu negara datang nanti, bus kita masih baru,” ucap Budi.
Transjakarta juga mengupayakan penambahan armada bus, khususnya di koridor yang dekat dengan venue Asian Games 2018. Tujuannya untuk mempermudah masyarakat yang ingin menyaksikan Asian Games maupun operasional official. Saat ini, kata Budi, total Bus TransJakart sudah ada 1.600 unit yang beroperasi di Jakarta dan akan menjadi 2.000 unit saat Asian Games.
“Kita akan menyiapkan 300 unit. Tapi kami dengar dari INASGOC, bahwa ada penambahan atlet menjadi 16 ribu. Jadi, kami lagi tunggu juga apakah mereka butuh bus tambahan. Pada saat mereka butuh bus tambahan, kami juga akan menyiapkan untuk membantu mereka,” jelasnya.
Diketahui, pengadaan bus ini hasil kerja sama Pemprov DKI, TransJakarta, dan Pemerintah Swedia. Sandiaga sempat mencoba langsung bus baru tersebut, bersama dengan Duta Besar Swedia, Yohanna, dan Volvo Communities of Indonesia.
Sebelum menjajal bus baru, Sandiaga bersama Dubes Swedia melakukan kegiatan lari bersama dari Jenggala menuju Walikota Jakarta Selatan.
Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.