Pemprov Sultra Beri Bantuan Benih Sawah Puso

507
Ilustrasi sawah terdampak banjir - Foto: Dok. CDN

KENDARI — Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara akan memberikan bantuan benih padi kepada pemilih sawah yang puso akibat banjir.

“Setiap hektare sawah puso akan diberi bantuan benih sebanyak 25 kilogram secara gratis,” kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Sultra, Muhammad Nasir, Rabu (11/7/2018).

Ia mengatakan langkah itu untuk tetap memberi semangat kepada petani yang mengalami gagal panen akibat hujan yang melanda Sultra. Hujan yang melanda daerah setempat telah mengakibatkan ratusan hingga ribuah hektare sawah terendam banjir.

“Agar sawah yang gagal panen bisa melakukan penanaman pada September nanti, untuk itu kami sediakan benih disesuaikan dengan luas lahan yang puso,” katanya.

Dia mengatakan sekitar 1.780 hektare lahan persawahan di daerah itu terendam banjir akibat hujan deras selama beberapa bulan terakhir.

“Dari luasan itu, sekitar 50 hektare lahan yang terendam dan tidak bisa lagi dipanen. Dan itulah yang akan diberi bantuan benih padi,” katanya.

Dia mengatakan sawah yang terkena dampak banjir dan mengakibatkan puso tersebut tersebar di beberapa kabupaten yang merupakan sentra produksi padi di Sultra.

“Sawah yang terendam tersebut terdapat di Kabupaten Konawe, Konawe Utara, Konawe Selatan,” katanya. (Ant)