Peningkatan Perekaman e-KTP di Balikpapan Bukan Karena Lonjakan Pendatang

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

174

BALIKPAPAN — Perekaman KTP elektornik di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Balikpapan terus meningkat. Hal tersebut bahkan berlangsung sebelum pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalimantan Timur.

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Balikpapan, Hasbullah Helmi menuturkan, meningkatnya perekaman data bukan dikarenakan adanya warga pendatang pasca lebaran. Peningkatan itu lebih kepada warga setempat yang masuk usia 17 tahun.

“Melonjaknya warga yang melakukan perekaman tak ada hubungan dengan pendatang. Karena kami tahu di semua daerah sekarang lagi proses perekaman e-KTP. Jadi mereka yang baru lulus sekolah SMA atau sudah usia 17 tahun, langsung melakukan perekaman,” terangnya Kamis, (05/7/2018).

Ia menyebutkan jumlah kunjungan setiap harinya mencapai 600-700 orang dan meningkatnya sejak H-7 lebaran hingga sekarang.

“Waktu jumlah kunjungan capai 600-700 orang setiap harinya. Sekarang sekira 400 orang saja setiap harinya,” sebut Helmi.

Menurut Helmi, berdasarkan data yang diterimanya, dalam dua tahun terakhir lonjakan tertinggi pendatang terjadi pada periode atau bulan Januari.

“Tertinggi itu lonjakan pendatang terjadi pada bulan Januari bisa mencapai 2.100 pendatang di tahun 2017. Kemudian Januari 2018 mencapai 1.800 orang,” tandasnya.

Pasca lebaran tahun ini pendatang belum ada lonjakan kendati pihak Polisi Pamong Praja mengintensifkan razia identitas kependudukan.

Sementara itu, perekaman e-KTP di kota Balikpapan telah mencapai 94 persen dari 430.000 penduduk wajib KTP.

“Stok saat ini ada 3.000 blanko dan kami baru dapat dari Provinsi Kaltim. Alhamdulillah sudah aman, tidak ada lagi kekurangan sehingga warga yang rekam bisa cetak,” tutup Helmi.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.