Perkembangan UMKM Biak Perlihatkan Tren Positif

247
Sejumlah produk UMKM, ilustrasi -Dok: CDN

BIAK — Perkembangan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Biak Numfor, Papua hingga semester pertama 2018 mulai memperlihatkan tren positif karena menggiatkan perekonomian masyarakat lokal.

“Pemerintah Kabupaten Biak Numfor melalui koordinasi lintas organisasi perangkat daerah terus membina pertumbuhan UMKM sebagai penopang pertumbuhan ekonomi daerah,” ungkap Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Biak Yubelius Usior di Biak, Kamis.

Kadisperindag Yubelius mengatakan keberadaan UMKM di Biak Numfor sangat besar pengaruhnya bagi pengembangan perekonomian masyarakat terutama di tingkat kampung.

“Peran UMKM saat ini sangat positif untuk terus didorong pemerintah daerah dalam menghasilkan produk-produk kebutuhan barang yang berkualitas,”harap Yubelius.

Oleh karena itu, menurut Kadisperindag Yubelius, Pemerintah Kabupaten Biak Numfor tidak memandang sebelah mata keberadaan UMKM yang terus dikembangkan masyarakat.

Kadisiperindag Yubelius mengatakan pemerintah Kabupaten Biak Numfor akan terus mendorong pertumbuhan sektor UMKM ini melalui sosialisasi, pelatihan dan memberikan beragam bantuan sarana dan prasarana untuk pengembangan usaha.

“Kami selalu mendoakan seluruh pelaku UMKM menjadi pebisnis yang sukses, maju dan besar sehingga mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru di Kabupaten Biak Numfor,”harap Yubelius.

Ia menyebut, data pelaku UMKM di Kabupaten Biak Numfor diperkirakan mencapai 5.000 hingga 6.000 jenis usaha dengan dominan bergerak di sektor riil jasa perdagangan kios, usaha rumah makan, koperasi serta industri kreatif rumah tangga.

Menyinggung penertiban izin usaha UMKM yang beroperasi, menurut Yubelius, jajaran Disperindag akan berkoordinasi dengan dinas penanaman modal pelayanan terpadu satu pintu, dinas koperasi usaha kecil menengah dalam rangka menyatukan kebijakan terpadu dalam rangka membina pelaku usaha kecil menengah.

Hingga Kamis, aktivitas ribuan pelaku UMKM di Biak Numfor di sektor jasa usaha makanan dan usaha perdagangan beroperasi normal melayani permintaan kebutuhan masyarakat setempat. [Ant]

Baca Juga
Lihat juga...