Permudah Akses Pelayanan, BPJS Kesehatan Operasikan Mobil Keliling

Editor: Satmoko Budi Santoso

340
Kepala Cabang BPJS Kesehatan Balikpapan, Endang Diarty - Foto: Ferry Cahyanti

BALIKPAPAN – Permudah akses layanan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Balikpapan, mengoperasikan Mobile Customer Service atau Pelayanan Mobil Keliling di sejumlah kecamatan.

Pengoperasian layanan mobil keliling mulai berjalan sejak dua hari terakhir yang dimulai di kecamatan Balikpapan Tengah.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Balikpapan, Endang Diarty, mengungkapkan, pelayanan mobil keliling tersebut untuk memudahkan masyarakat untuk melakukan pendaftaran kepesertaan ataupun administrasi lainnya pada BPJS Kesehatan.

“Pelayanan dilakukan melalui mobil keliling ini mulai pukul 09.00 sampai 12.00 siang. Untuk sementara melayani administrasi dan pendaftaran kepesertaan, sedangkan pembayaran bisa dilakukan melalui PPOB atau bank maupun kantor cabang,” ungkapnya didampingi Kabid Kepesertaan dan Pelayanan Peserta, I Dewa Ayu Kade Sartika, Selasa (24/7/2018) petang.

Tidak hanya mempermudah akses pelayanan, Endang menyebutkan, pelayanan mobil kelilling ini juga memecah antrian pengunjung di kantor cabang yang berada di Jalan Jenderal Sudirman. Dalam per hari pengunjung yang datang mencapai 330 orang atau sebulan bisa mencapai 3 ribuan peserta.

“Mempermudah akses pelayanan mobil keliling dan antrian lebih pendek apabila dibandingkan di kantor cabang sekaligus lebih simpel. Kalau dilihat jam tunggu di kantor cabang lebih panjang,” kata Endang.

Menurutnya, apabila sebelumnya sudah ada pelayanan drop box di setiap kelurahan untuk pendaftaran kepesertaan, kini pelayanan bertambah lagi melalui mobile costumer service.

“Mobil keliling ini sudah jalan setiap minggu di lapangan merdeka saat car free day berlangsung. Kemudian melihat animo masyarakat kita buka pelayanan di kecamatan secara bergantian per minggu,” bebernya.

Dia berharap masyarakat dapat mengakses layanan yang telah disediakan BPJS Kesehatan sehingga layanan fasilitas kesehatan Kartu Indonesia Sehat dapat dimanfaatkan peserta.

Saat ini jumlah peserta BPJS Kesehatan Balikpapan telah mencapai 112 persen dari jumlah penduduk sebanyak 690.262. “Jumlah itu meningkat terus dalam pencapaian kepesertaan BPJS Kesehatan. Dan peserta mandiri mencapai 232 ribu peserta,” imbuh Endang.

Tidak hanya memanfaatkan akses layanan mobil keliling, Endang menambahkan peserta juga bisa mengakses layanan melalui JKN Mobile yaitu aplikasi yang bisa didownload melalui android yang dimiliki peserta.

“Peserta tak perlu datang ke kantor apabila ingin pindah faskes, mendaftarkan peserta ataupun lainnya. Bahkan peserta tak perlu bawa kartunya apabila berobat, cukup menunjukkan dari JKN mobile sudah ada nomor kartunya,” tambahnya.

Baca Juga
Lihat juga...