Petugas Kesulitan Padamkan Puluhan Kapal Terbakar di Bali

Editor: Koko Triarko

245
DENPASAR – Kebakaran hebat terjadi di Dermaga Barat Pelabuhan Benoa, Denpasar, Senin (9/7/2018). Kebakaran yang terjadi pada pukul 02.00 dini hari ini membakar semua kapal yang ada di pelabuhan terbesar di Bali tersebut.
Hampir 12 jam ini, api masih terus membakar puluhan kapal. Dari data sementara, 39 kapal terbakar di pelabuhan Benoa, dan 14 unit kapal yang terbakar telah diketahui. Sementara itu, lima kapal milik PT. AKFI yang terbakar, masing-masing KM Cilacap Jaya Karya, KM Akau Jaya Lima, KM Bima Satu, KM Bintang Barat, dan KM Bina Sejati.
Tujuh kapal milik PT Intimas Surya yang terbakar, di antaranya KM Hiroyosi 7, KM Permata 03, KM Permata 103, KM Permata 06, KM Permata 01, KM Mutiara 28, dan KM Mutiara 10. Dua kapal milik PT Bandar Nelayan yang terdata adalah KM Bandar Nelayan 168, dan KM Bandar Nelayan 2019.
Saksi mata, Agung Artawan, mengatakan api berasal dari salah satu kapal yang berada di bagian belakang kapal. Namun karena angin kencang, api cepat merembet ke beberapa kapal yang ada di sekitarnya.
“Wajar, kalau kemudian api yang ditiup angin kencang cepat membesar dan menjalar ke kapal lain,” ucap Security PT Intimas Surya, ini.
Hingga Senin siang ini, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama Kepolisian masih berusaha melakukan pemadaman. Kabid Kegawatdaruratan BPBD Denpasar, Ida Bagus Yoga, mengatakan, pihaknya telah mengerahkan setidaknya 30 mobil pemadam kebakaran (Damkar) dengan dibantu oleh Pos Damkar dari Badung, Gianyar, serta milik Pelni.
“Sebagian besar materi kapal terbuat dari kayu, sehingga api tetap membara. Selain itu, kendala yang kami hadapi surutnya air laut, sehingga menyulitkan saat proses pemadaman yang kami lakukan,” ucap pria yang akrab di sapa Yoga ini.
Pihaknya menerima laporan dari Polsek Benoa, bahwa ada kebakaran kapal. Awalnya hanya satu kapal yang terbakar, namun dalam waktu singkat menyebar ke sejumlah kapal lain yang ditambat berdekatan di pelabuhan barat Benoa.
“Upaya pemadaman melibatkan 11 unit mobil pemadam kebakaran,” kata Yoga.
Selain itu, kendala lain yang dihadapi saat proses pemadaman adalah minimnya ketersediaan keran air khusus pemadam, sehingga mobil pemadam yang kosong setelah digunakan harus mengambil air di luar areal pelabuhan.
Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.