Pisang Gapit, Penganan Tradisional Citarasa Kekinian

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

169

BALIKPAPAN — Masyarakat suku Banjar di Kalimantan telah lama dikenal sebagai salah satu kelompok yang piawai meracik kuliner. Jika pembaca berkunjung ke Kalimantan Timur atau Kalimantan Selatan, akan banyak menjumpai nasi kuning, soto banjar, lontong sayur, atau olahan ikan bakar.

Tak hanya menu makan utama, mereka juga punya resep lezat mengolah jajanan yang biasa disebut wadai, kue talam, sanggar, amplang dan banyak lagi.

Salah satu yang kini banyak digemari masyarakat adalah pisang gapit. Penganan berbahan pokok pisang kepok ini merupakan perpaduan antara jajanan tradisional dengan olahan kekinian.

Pisang gapit diolah secara sederhana. Terbuat dari pisang kepok yang masih mengkal, kemudian dikupas lalu bakar di atas bara api arang dengan penjepit. Cara memanggang dengan penjepit inilah, yang menjadi asal muasal nama penganan ini. Setelah pisang mulai masak yang ditandai dengan perubahan warna, kemudian dipotong kecil-kecil.

Setelah ditempatkan dalam wadah, selanjutnya disiram dengan saus yang terbuat dari bahan khusus. Saus ini terbuat dari potongan buah nangka yang sudah matang, gula merah, santan, daun pandan, garam dan tepung maizena.

Saus inilah yang menjadikan pisang bakar berasa manis dan berbau harum. Saat ini, terdapat banyak pilihan rasa. Antara lain pisang gapit keju, pisang gapit coklat, pisang gapit keju coklat dan sebagainya.

Yudi Saat Meracik Pisang Gapit. Foto: Ferry Cahyanti

Yudiansyah (32), salah satu penjual pisang gapit di Jalan Soekarno Hatta, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, mengakui penggemar jajanan tradisional ini cukup banyak.

“Saya menambah varian rasa, supaya tetap disukai,” kata pria yang sudah bertahun-tahun berjualan pisang gapit itu di Balikpapan, Sabtu (21/7/2018).

Di warung Yudi, harga seporsi pisang gapit dijual Rp10 ribu dengan empat pilihan rasa, original, keju, cokelat atau cokelat keju. Seporsi pisang gapit biasanya berisi dua atau tiga biji pisang bakar. Warung Yudi buka mulai pukul 5 sore dan tutup sebelum tengah malam.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.